Manfaat essential oil bagi kesehatan

Dalam setiap tetesan minyak esensial ini diklaim bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun psikologis seseorang. Berikut beberapa manfaat kesehatan penting dari minyak esensial:

  • Minyak esensial digunakan secara medis untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus. Penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar virus, jamur, dan bakteri tidak dapat hidup pada minyak esensial.
  • Minyak esensial dapat merangsang regenerasi jaringan atau menstimulasi saraf. Minyak esensial jenis terapeutik bahkan dapat memberi oksigen dan membawa nutrisi ke dalam sel.
  • Minyak essensial dapat membantu menghilangkan karbondioksida, racun, dan jenis limbah lainnya dari tubuh.
Tips Menggunakan Essential Oil Untuk Bayi, Ketahui Aturannya Juga Ya, Moms
source: https://www.google.co.id/amp/s/review.bukalapak.com/amp/mom/7-minyak-esensial-alami-yang-aman-untuk-bayi-di-bawah-1-tahun-48987
  • Aroma minyak essensial membantu menyeimbangkan frekuensi listrik otak yang memungkinkannya berfungsi lebih optimal.
  • Ketika terhirup, komponen tertentu dari minyak esensial membantu melepaskan trauma emosional.

Namun, ketika memilih serta menggunakan minyak esensial untuk bayi dan anak-anak, ada beberapa aturan yang harus diikuti dan diketahui semua orangtua.

Tips menggunakan essential oil pada bayi

  • Jangan mengoleskan minyak esensial murni langsung pada kulit bayi. Sebagai gantinya, campurkan dalam minyak pembawa terlebih dahulu, seperti minyak bunga matahari dan kelapa. Para ahli menyarankan untuk menghindari minyak zaitun.
  • National Association for Holistic Aromatherapy (NAHA) merekomendasikan tetesan minyak esensial hanya 0,5 hingga 2,5 persen untuk bayi.
  • Hindari menggunakan minyak esensial dengan kandungan: thyme, oregano, serai wangi, kayu manis, bay, jinten, serai, lemon verbena.
  • Hindari minyak esensial termakan oleh bayi.
  • Jangan sampai minyak esensial langsung terhirup oleh bayi.
  • Hindari menggunakan diffuser jika anak Moms menderita asma.
Tips Menggunakan Essential Oil Untuk Bayi, Ketahui Aturannya Juga Ya, Moms
source: https://www.alodokter.com/selain-minyak-telon-masih-banyak-minyak-esensial-aman-lainnya

Hal yang perlu diperhatikan, menurut hasil penelitian yang dilakukan American Association of Naturopathic Physicians, Moms sebaiknya tidak menggunakan minyak esensial untuk bayi di bawah usia tiga bulan. 

Hal ini dikarenakan minyak esensial dapat mempengaruhi penciuman bayi yang baru lahir sehingga dapat mengganggu pemberian ASI pada bayi dan minyak esensial dapat merusak kulit bayi baru lahir yang masih sangat sensitif.

baca juga

Cara menggunakan essential oil yang aman untuk bayi

Ada tiga cara utama untuk menggunakan minyak esensial yang aman pada bayi:

1. Dalam pijatan
Pijat bayi dapat dilakukan untuk meredakan sakit perut atau untuk menenangkan dan membuat bayi Moms relaks setelah mandi. Bisa juga dilakukan sebelum tidur.

Untuk mengatasi kolik: Dengan pijatan ringan, gerakkan jari-jari Moms ke pusar bayi. Para ahli menyarankan untuk melakukan dua usapan ke atas dan dua sapuan melintang, di atas pusar. Kemudian lakukan dua gerakan ke bawah dan satu melewati panggul. Ulangi untuk beberapa putaran. Minyak lembut yang bisa digunakan adalah minyak lavender dengan satu tetes di kedua tangan Moms.

Untuk pijatan biasa: Hangatkan satu atau dua tetes minyak esensial lavender encer dengan menggosoknya di antara kedua tangan. Mulai di kaki bayi dan pijat dengan lembut hingga ke atas. Ketika Moms mencapai perut dan dada bayi, ratakan tangan Moms dan buat lingkaran kecil dengan jari-jari Moms.

Tips Menggunakan Essential Oil Untuk Bayi, Ketahui Aturannya Juga Ya, Moms
source: https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/parenting/kulit-bayi/cara-pakai-minyak-esensial-untuk-bayi/amp/

2. Saat mandi
Cukup tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial pilihan Moms ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi si kecil.

3. Dalam diffuser
Jika Moms memiliki alat diffuser, Moms bisa lakukan penguapan minyak essential ke udara. gunakan alat diffuser khusus yang ada manfaat ultrasonic dan pastikan Moms menggunakan minyak esensial untuk bayi yang aman, dan pastikan ventilasi kamar Moms sudah cukup baik.

Berikut tadi hal-hal yang harus Moms perhatikan jika ingin menggunakan minyak esensial pada bayi. Namun, yang perlu diingat minyak esensial ini bukanlah obat. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak dahulu sebelum menggunakannya ke bayi.