Anak memang sering mengalami mabuk perjalanan. Baik perjalanan laut, darat, dan udara. Kondisi kendaraan dalam keadaan terguncang atau turbulence serta perasaan gembira, stress, dan migrain juga bisa menjadi faktor anak mengalami mabuk perjalanan. Tanda awal mengalami mabuk perjalanan yakni wajahnya memucat, keringat dingin, merasa mual, lelah, lesu, dan tidak napsu makan. Sebelum itu terjadi, moms harus tahu cara mencegah mabuk perjalanan pada anak agar masalah tersebut bisa teratasi.

Jangan Berikan Gadget atau Buku

Memberikan gadget atau buku menjadi cara agar anak tidak merasa bosan di perjalanan. Tetapi hal tersebut bisa menjadi pemicu anak mengalami mabuk perjalanan yang parah. Saat melihat gadget dan buku di perjalanan menimbulkan stimulasi visual yang berlebihan sehingga anak akan merasa pusing. Moms bisa mengajak anak ngobrol atau mengajaknya mendengarkan musik yang disukai agar anak tidak bosan.

Jangan Berikan Gadget atau Buku
baca juga

Siapkan Obat Antimual

Moms bisa berikan anak obat antimual sesuai dengan resep dokter, atau obat yang mengandung dimenhydrinate maupun antihistamin diphenhydramine. Obat antimual biasanya diberikan satu jam sebelum memulai perjalanan.

Siapkan Obat Antimual

Oleskan Minyak Angin

Selain memberikan obat antimual, moms bisa mengoleskan minyak angin di sekitar kepala, leher, dada, dan perut anak agar pernapasan anak kembali segar dan lega, rasa pusing pun bisa hilang.  

Oleskan Minyak Angin
baca juga

Posisi Duduk yang Nyaman

Posisi duduk bisa mempengaruhi terjadinya mabuk perjalanan pada anak. Moms harus memastikan posisi duduk anak baik. Posisi duduk yang nyaman dan baik untuk anak yakni di kursi penumpang bagian tengah karena anak tidak terlalu merasakan guncangan, selain itu anak akan leluasa memandangan pemandangan di depannya.  

Posisi Duduk yang Nyaman

Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Hindari anak dari bau wangi atau busuk yang terlalu menyengat. Pastikan kendaraan bersih dan sirkulasi udaranya segar dengan sedikit membuka jendela kendaraan agar perut dan pernapasan anak kembali reda.

Ajak Anak Untuk Istirahat

Jika anak mengalami mabuk perjalanan, tubuh akan merasa kelelahan sehingga moms harus mengajaknya untuk istirahat. Berikan tempat istirahat senyaman mungkin seperti di pangkuan moms, sambil mengusap kepalanya jika dia merasa pusing, sehingga pikiran kembali tenang.

Ajak Anak Untuk Istirahat

Berikan Asupan Makanan Secukupnya

Sebelum melakukan perjalanan, berikan anak makanan secukupnya ya, moms, tidak lebih dan tidak kurang. Selama perjalanan pun jangan berikan anak cemilan terlalu banyak pada anak. Minuman air mineral pun harus cukup, tidak kekurangan air agar tidak sembelit, sekaligus tidak kelebihan air agar tidak kembung. Dengan begitu risiko kemungkinan anak mengalami mabuk perjalanan sangat kecil.

Berikan Asupan Makanan Secukupnya