Saat tumbuh gigi bayi kerap kali rewel. Kondisi ini terjadi karena biasanya ia juga mengalami demam. Belum lagi rasa nyeri yang dirasakan pada gusinya. Tak jarang moms merasa stress karena bayi mendadak melakukan gerakan tutup mulut. Memilih makanan dengan tekstur lebih empuk bisa jadi pilihan. Selain itu, moms juga bisa menanganinya dengan meringankan rasa nyeri dengan makanan berikut ini:

1. Semangka

Kaya akan kandungan vitamin A dan kalsium, semangka menjadi buah yang cocok untuk mendukung pertumbuhan buah hati moms. Memiliki kandungan air yang banyak, buah semangka tentu membuat mulut si kecil lebih segar. Sebelum moms memberikannya kepada si kecil, potong semangka seukuran genggamannya. Agar teksturnya tidak mudah hancur, Anda bisa memasukannya ke freezer terlebih dahulu. Efek dingin yang ditimbulkan dari buah semangka bisa juga membantu redakan nyeri pada gusi.

1. Semangka
baca juga

2. Pisang

Buah pisang kerap kali direkomendasikan untuk dikonsumsi si kecil. Apalagi sudah masuk pada tahap mengkonsumsi makanan atau MPASI. Kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa, dan serat baik untuk tumbuh kembangnya. Selain kandungan vitamin di dalamnya, pisang juga berfungsi untuk meredakan rasa nyeri pada gusi bayi, terutama ketika akan tumbuh gigi. Memiliki tekstur lembut tentu buah yang satu ini sangat mudah dikunyah oleh bayi.

2. Pisang

3. Wortel

Memiliki warna menarik, wortel juga berkhasiat meringankan rasa sakit pada gusi bayi saat tumbuh gigi. Usahakan moms memberikan wortel yang sudah dipotong dan direbus terlebih dahulu. Potong sebesar korek api sehingga si kecil mampu menggenggam dan mengunyahnya.

3. Wortel
baca juga

4. Mentimun

Mentimun menjadi salah satu buah yang cocok untuk mengatasi rasa nyeri pada bayi, ketiak dia tumbuh gigi. Mentimun berfungsi mencegah dehidrasi dan persendian bayi, dapat juga meringankan rasa nyeri pada gusi. Moms bisa memberikan mentimun kepada si kecil berupa jus dan sedikit gula. Agar si bayi bisa menelan.

4. Mentimun

5. Smoothies

Saat rasa nyeri menyerang gusinya, tentu si kecil tak hanya menangis dan rewel. Tak jarang ia juga mulai tak selera makan. Hal ini karena rasa nyeri yang dirasakan pada gusinya membuat si bayi menghindari mengunyah makanan bertekstur. Agar tumbuh kembangnya tetap terjaga dengan asupan bergizi, moms bisa memilih smoothies. Anda dapat membuat smoothies dari aneka macam buah. Teksturnya yang lembut, diharapkan bayi tetap mau makan, karena ia tak perlu susah payah mengunyah.

5. Smoothies