Mengenali Siklus Menstruasi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa siklus menstruasi dapat berubah-ubah. Karena siklus menstruasi adalah dasar perhitungan masa subur, maka penting bagimu untuk mencatat siklus menstruasi beberapa bulan terakhir, Beautynesian.

Tandai hari pertama menstruasi sebagai hari ke-1. Dari catatan itu, kamu dapat mengetahui siklus menstruasi terpendek dan terpanjang, untuk memperkirakan masa subur.
source: https://www.shutterstock.com/video/clip-4502858-stock-footage-woman-taking-notes-on-white-background.html

Menghitung Masa Subur

Meskipun anda dan pasangan berhubungan intim secara teratur, berhasilnya pembuahan sel telur oleh sperma akan bergantung pada masa subur perempuan. Menurut Alodokter, dari pencatatan siklus menstruasi selama delapan bulan, ada rumus sederhana untuk menghitung masa subur:

  • Siklus terpendek, dikurangi 18 hari, hasilnya adalah hari pertama masa subur kamu. Misalnya siklus terpendekmu adalah 26 hari, maka hari pertama masa subur jatuh pada hari ke-8.
  • Siklus terpanjang, dikurangi 11, hasilnya adalah hari terakhir masa subur kamu. Misalnya siklus terpanjangmu adalah 30 hari, maka hari terakhir masa subur jatuh pada hari ke-19.
  • Jadi, berdasarkan contoh maka masa suburmu terletak pada hari ke-8 hingga hari ke-19.
source: http://www.onuavafertility.com/tag/counting-fertile-days/
baca juga

Kenali Lendir Serviks Penanda Masa Subur

Pasca menstruasi, perubahan tekstur dan warna pada lendir serviks dapat menjadi penanda masa subur. Untuk mengetahui kemunculannya, kamu dapat menggunakan bantuan tisu atau jari. 

Ketika selesai menstruasi, lendir serviks kemungkinan besar akan sangat sedikit, atau nampak keruh dan lengket. Ini menandai masa kurang subur. Ketika lendir serviks berubah menjadi lebih jernih dan licin, hampir menyerupai putih telur, maka kamu semakin mendekati masa subur. Beberapa hari setelahnya, lendir serviks akan bertambah banyak dan bertekstur licin, tak jarang dapat membuat pakaian dalam menjadi basah. Nah, inilah penanda masa suburmu, Beautynesian.

source: https://www.verywell.com/why-dont-i-have-any-cervical-mucus-1959935

Berhubungan Intim Secara Teratur

Ketika kamu sudah menentukan masa subur, kamu perlu melakukan hubungan intim secara teratur dengan pasangan. Mendekati masa subur, usahakan untuk berhubungan intim satu kali setiap hari, agar meningkatkan kemungkinan hamil. Beberapa posisi hubungan intim yang disarankan adalah posisi yang dapat membuat panggul perempuan lebih tinggi, seperti posisi missionary agar sperma lebih banyak tertampung di rahim.

source: http://www.teropongsenayan.com/36209-empat-posisi-bercinta-ini-cocok-dicoba-di-pagi-hari
baca juga

Atur Asupan Gizi dan Makanan

Usaha-usahamu untuk cepat hamil patut didukung dengan mempraktekkan pola hidup sehat, antara lain dengan menjaga berat badan ideal, berolahraga teratur, dan mengkonsumsi makanan sehat. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat juga dapat ditingkatkan, karena asam folat sangat penting untuk pertumbuhan janin. Hindari rokok, kafein, minuman beralkohol, serta penggunaan obat-obatan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

source: http://lunch.enicajordan.info/pregnant-women-healthy-food/