Bimbel Online

Belakangan ini semakin ramai bermunculan bimbingan belajar online yang menjual jasa bantuan belajar untuk siswa-siswa SD, SMP, hingga SMA. Ini tentu menjadi hal yang menarik bagi anak-anak dan orangtua di mana bimbingan belajar menjadi terasa lebih praktis. Seperti namanya, bimbingan belajar online dilakukan secara online melalui aplikasi, tayangan video, serta live chat besama pengajar yang sedang bertugas. 

Jadi Tren, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online
source: https://thriveglobal.com/

Meskipun terdengar menyenangkan, bimbingan belajar online juga memiliki sederet kelebihan dan kekurangan yang perlu untuk diketahui murid dan orangtua. Dengan begitu, keputusannya dalam memilih bimbel akan menjadi lebih bulat dan tepat dengan mempertimbangkan plus minus yang dimilikinya.


Kelebihan Bimbel Online

Jadi Tren, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online
source: https://www.groupon.com/
  1. Belajar dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa harus mengikuti jadwal kelas seperti pada bimbel biasa. Dengan kata lain, bimbel online tidak akan menguras tenaga anak saat belajar.
  2. Waktu belajar dapat menyesuaikan waktu yang dimiliki anak. Anak bahkan dapat mengaksesnya melalui smartphone masing-masing.
  3. Biaya paket bimbel yang ditawarkan sangat terjangkau tergantung pada paket yang akan diambil. Selain itu, orangtua juga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk transport dan jajan anak saat bimbel. 
  4. Anak tidak perlu repot mencatat pelajaran yang didapat karena materi dapat diunduh sehingga video dapat diputar ulang kapanpun anak membutuhkan materi tersebut.
  5. Saat anak mengalami kebingungan, anak bertanya dengan menggunakan fitur chat yang selalu online.
baca juga


Kekurangan Bimbel Online

Jadi Tren, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online
source: https://www.understood.org/
  1. Untuk dapat belajar, anak harus selalu terkoneksi dengan internet. Jadi, orangtua harus memastikan internet di rumah terkoneksi dengan baik dan smartphone anak selalu memiliki kuota yang cukup.
  2. Anak kehilangan momen belajar bersama teman yang terkadang dapat memberikan motivasi tambahan, khususnya menjelang ujian nasional atau ujian masuk PTN.
  3. Aplikasi memuat banyak video dan materi sehingga data aplikasi menjadi cukup besar. Ini dapat menghabiskan memori smartphone atau gadget anak.
  4. Terlalu lama belajar dengan layar gadget berisiko membuat mata sakit dan kepala pusing. Perlu dipastikan anak membuat jadwal belajar yang disiplin untuk menghindari risiko tersebut. 
  5. Dibutuhkan komitmen yang tinggi dari anak untuk benar-benar menggunakan aplikasi belajar dengan maksimal.


 

Jadi Tren, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bimbingan Belajar Online
source: https://netsanity.net/


Itulah beberapa plus minus bimbel online yang harus dipertimbangkan oleh orangtua. Yang terpenting adalah memastikan apakah belajar online secara mandiri benar-benar cocok dan dapat bekerja optimal pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!