Softlens

Panduan dan Cara Tepat Menggunakan Softlens Untuk Pemula
source: https://coopervision.ca/

Lensa kontak, atau yang juga populer dengan sebutan softlens, adalah lensa tipis yang ditempatkan langsung pada permukaan bola mata. Lensa kontak merupakan salah satu perangkat prostetik okular yang digunakan untuk memperbaiki penglihatan, terapeutik, atau untuk alasan kecantikan dan estetika.


Cara Mengetahui Softlens Terbalik

Panduan dan Cara Tepat Menggunakan Softlens Untuk Pemula
source: https://www.glenmorevisioncenter.com/

Pertanyaan ini pasti sering dipikirkan oleh para pengguna baru softlens : "Bagaimana cara mengetahui lensa kontak yang terbalik?" Perbedaannya mungkin tidak terlalu terlihat, tetapi sebelum memasang softlens pada mata, pastikan lensa tersebut terlihat seperti setengah bola, bukan mangkuk sup dengan bagian ujung yang melebar. Jika lensa membentuk "U" dengan tepi atas melebar, itu artinya lensa terbalik. Jika lensa membentuk "U" sempurna, itu berarti lensa berada di posisi yang benar.

baca juga


Cara Memakai Softlens

Saat akan menggunakan softlens, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih menggunakan sabun. Namun, hindari sabun beraroma atau berminyak yang bisa berisiko menempel pada permukaan lensa. Hindari juga penggunaan kontak softlens dengan produk yang mengandung lanolin dan lotion pelembab. Sebagian dokter mata juga mengatakan untuk selalu menerapkan softlens selalu pada mata yang sama. Dengan kata lain, jangan gunakan softlens bertukar antara bagian kanan dan kiri. 

Panduan dan Cara Tepat Menggunakan Softlens Untuk Pemula
source: https://lasikomaha.com/


Panduan Memasang Softlens

  • Ambil lensa kontak dari wadah lensa secara perlahan dengan cara menggoyangkannya wadahnya. Jangan mencoba menarik lensa dengan jari karena dapat merusak lensa kontak.
  • Setelah itu, telakkan lensa kontak pada telapak tangan, dilanjutkan dengan membilasnya secara menyeluruh dengan cairan pembersih lensa kontak.
  • Tempatkan lensa kontak di ujung jari telunjuk atau jari tengah yang berada dalam kondisi kering.
  • Dengan jari dan ibu jari tangan yang lain, tarik secara bersamaan di kelopak mata atas dan kelopak bawah.
  • Posisikan lensa pada mata sambil melihat ke atas atau ke depan, tergantung mana yang paling nyaman dan lebih mudah. 
  • Tutup mata dengan perlahan, putarkan mata melingkar untuk membantu lensa menetap, dan kemudian berkedip.
  • Periksa baik-baik di cermin untuk memastikan lensa sudah terpasang dengan baik dan benar pada mata. Jika ya, lensa seharusnya terasa nyaman dan penglihatan harus jelas.
Panduan dan Cara Tepat Menggunakan Softlens Untuk Pemula
source: http://www.mytotalvision.com/
baca juga


Cara Melepas Softlens 

Panduan dan Cara Tepat Menggunakan Softlens Untuk Pemula
source: https://www.acuvue.com/

Terakhir, saat akan melepas softlens, pastikan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Untuk melepaskan softlens, lihat ke atas atau ke samping dan tarik kelopak mata ke bawah. Dengan menggunakan jari telunjuk dan ibu jari, tarik lensa dengan lembut ke bagian putih mata. Setelah itu, angkat lensa secara perlahan.