Makanan Khas Mojokerto

Mojokerto merupakan kota kecil yang terletak sekitar 50 meter dari ibukota Propinsi Jawa Timur. Meski disebut dengan kota terkecil di Indonesia, Ternyata di Mojokerto juga memiliki makanan khas yang perlu dicoba moms. Selain rasanya yang unik, di mojokerto juga dapat ditemukan beberapa makanan ringan sejenis krupuk. Seperti kerupuk upil dan kerupuk rambak yang tekstur keduanya sangat berbeda. Dan masih ada bebeapa varian makanan khas mojokerto yang harus kamu coba moms. 

Onde-Onde

Makanan yang berbentuk bulat dengan bertabur wijen ini banyak digemari oleh masyarakat. Makanan ini berbahan dasar tepung terigu dan tepung  ketan yang menghasilkan tekstur kenyal pada onde-onde. Selanjutnya digoreng setengh matang dan ditaburi wijen sebagai pemanis luar. kacang hijau merupakan rasa original dri onde-onde. Namun seiring berjalannya perkembangan, isi onde-onde semakin beragam. Ada coklat, keju dan sebagainya. 

Onde-Onde

Perlu diketahui, onde-onde memang tidak hanya ditemukan di kota Mojokerto, namun jika di Mojokerto kamu akan menemukan onde-onde dengan kelezatan yang berbeda dengan lainnya. Cara memakannya pun unik moms, agar isinya tidak tumpah sebagian besar memipihkan bentuk onde-onde yang sebelumnya bulat kemudian mulai digigit. Hal ini bermaksud agar isi dan kulit luar onde-onde menyatu sehingga terasa lebih nikmat.

baca juga

Krupuk Rambak

Krupuk rambak merupakan makanan khas Mojokerto yang melegenda moms. Krupuk rambak yang sudah sangat terkenal di berbagai penjuru ini ternyata beberasal dari Mojokerto. Adapun tempat yang sering ditemukan krupuk rambak bernama kecamatan Trowulan. Krupuk rambak berasal dari bagian kulit dalam dari hewan sapi, tipis dan sangat gurih. Jika sudah digoreng krupuk rambak terlihat lebih tebal dan mengembang. Tentunya gurihnya benar-benar memanjakan lidah. Tapi jangan lupa untuk menyediakan air minum disampingmu ya moms.

Krupuk Rambak

Krupuk rambak sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Karena cemilan ini berupa makanan ringan yang mudah dibawa kemana-mana dan tahan lama. 

Sate Keong

Makanan khas mojokerto yang perlu dicoba adalah sate, namun sate di Mojokerto berbeda dengan makanan khas lainnya. Di Mojokerto, sate keong menjadi makanan khas yang banyak digemari. Sate ini diolah dari hewan keong yang sering ditemukan di persawahan. Ternyata sate keong pun memiliki rasa yang lezat moms. 

Sate Keong

Adapun cara pembuatannya dengan mengeluarkan keong dari rumahnya dan membersihkannya. Kemudian memasukkan ke dalam bumbu untuk dibakar. Tentnya akan sangat nikmat jika dipadukan dengan sambal yang pedas. Tentunya sangat menggoyangkan lidahmu moms. Namun sayangnya makanan ini tidak cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

baca juga

Krupuk Upil

Pernah tau krupuk upil moms? Krupuk yang digoreng dengan pasir ini ternyata merupakan salah satu makanan khas Mojokerto. Krupuk upil ini memiliki dua varian. Ada rasa pedas dan asin atau tidak pedas. Memiliki warna beragam moms salam satu kantong krupuk upil. Cemilan satu ini tidak menyebabkan batuk moms, karena aman dan tidak digoreng dengan minyak goreng. Tentunya dapat menjadi pilihan oleh-oleh jika berkunjung ke Mojokerto moms, karena merupakan cemilan ringan yang tahan lama. 

Krupuk Upil

Sambal Wader

Selanjutnya kuliner khas Mojokerto yang menarik adalah sambal wader. Sambal wader merupakan perpaduan antara sambal dan ikan wader. Biasanya disajikan di cobek cecil yang berisi sambal tomat dan ikan wader, atau bisa ditambahkan lalapan timun dan daun kemangi. Paling nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Yummy! Bagi kalian yang menyukai makanan pedas, sangat perlu untuk mencoba makanan ini moms. Namun sayangnya menu ini tidak cocok jika digunakan sebagai oleh-oleh jangka panjang. Paling enak dinikmati di tempat moms. Selamat mencoba!

Sambal Wader