Bau badan tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga orang yang berada di sekitar moms. Moms biasanya menggunakan deodorant atau parfume untuk menghilangkan bau badan, namun bau badan masih tak kunjung hilang. Sehingga moms akan merasa kehilangan percaya diri. Maka dari itu, kenali penyebab bau badan dan cara mengatasinya di bawah ini:
 

Penyebab Bau Badan

Bau badan bisa disebabkan karena penyakit medis seperti diabetes. Penderita diabetes biasanya memproduksi keringat lebih banyak dan bau badan yang lebih menyengat. Jadi, jika bau badan sulit dihilangkan dengan cara apapun, langsung periksakanlah diri ke dokter. Kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab bau badan. Selain itu, makanan yang moms konsumsi bisa menjadi salah satu faktor. Makanan yang memiliki bau menyengat bisa menjadi faktor seperti fast food, bawang, maupun rempah-rempah. Ditambah bau badan bisa terjadi karena hormon dan aktivitas yang memicu keringat berlebih.

Penyebab Bau Badan
baca juga

Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami

Moms yang memiliki bau badan harus selalu pastikan kebersihan tubuh dan pakaian. Sering-seringlah mengganti pakaian yang mulai terasa lembab. Sering mengkonsumsi buah dan sayuran bisa mengurangi bau badan, lho moms. Bau badan pun bisa diatasi dengan cara alami di bawah ini.

Daun Kemangi

Daun kemangi yang beraroma wangi memiliki kandungan minyak astiri yang dipercaya mampu menghilangkan bau badan. Daun kemangi mengandung antiseptik yang berfungsi mengusir kuman di dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi daun kemangi di pagi dan sore bisa menghilangkan bau badan secara efektif.  

Daun Kemangi
baca juga

Daun Sirih

Banyak kandungan pada daun sirih yang ampuh mengatasi masalah kesehatan salah satunya bau badan. Daun sirih mengandung vitamin C, riboflavin, tiamin, karoten, dan niacin yang mempercepat hilangnya bau badan. Moms bisa mandi dengan air rebusan daun sirih untuk mengatasi masalah bau badan.

Daun Sirih

Daun Jambu Biji

Tiga lembar daun jambu biji bisa ditumbuk secara halus, oleskan pada ketiak, diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas ketiak. Ketiak bisa menjadi sumber bau badan, moms. Dengan bantuan daun jambu biji, masalah bau badan bisa hilang karena daun jambu biji mengandung mineral serta antibakteri.

Daun Jambu Biji

Baking Soda

Bakin soda tidak hanya bisa digunakan untuk membuat makanan, tapi untuk menghilangkan bau badan. Baking soda memiliki fungsi untuk membunuh bakteri sekaligus mampu menyerap keringat berlebih. Moms bisa aplikasikan bakin soda di area badan atau ketiak.

Baking Soda

Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam tartar yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, dan asam asetat sebagai antimikroba. Sebelum mandi, moms bisa mengoleskan cuka apel pada ketiak menggunakan kepas, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Cuka Apel