Asal Mula Lipstik

Tradisi untuk mewarnai bibir sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Menurut sejarah yang tercatat, beberapa orang pertama yang diketahui menggunakan perona bibir tinggal di Mesopotamia dekat kota Ur, Sumeria. Lokasinya berada sekitar di area Irak selatan saat ini. Di sana seorang ratu bernama Ratu Schub-ad dikatakan membuat pasta dari timah putih dan mencampurnya dengan serpihan batu merah untuk mewarnai bibirnya.

International Lipstick Day, Ketahui Yuk Asal Usul hingga Kontroversi Lipstik!
source: https://visforvintage.net/

Dari sanalah, tren mewarnai bibir tersebar perlahan ke seluruh dunia. Dimulai dari Mesir kuno, Yunani dan Romawi. Hingga pada akhirnya pemukim Eropa Barat membawa lipstik ke area pantai Amerika. Sampai hari ini, lipstik masih menjadi salah satu produk makeup yang paling dikenal dan digunakan di seluruh dunia.


Perkembangan Lipstik dari Tahun ke Tahun

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ulasan asal mula lipstik, mereka berawal dari olahan batu merah yang dihancurkan. Hingga kini sudah banyak perubahan yang terjadi dengan kemasan lipstik modern yang diciptakan menggunakan beragam bahan untuk meningkatkan kelembapan bibir, rasa, aroma, serta kesehatan kulit bibir. Bahkan, beberapa produk lipstik juga dikatakan memiliki perlindungan dari sinar matahari, pelembab serta sifat tahan air.

International Lipstick Day, Ketahui Yuk Asal Usul hingga Kontroversi Lipstik!
source: https://westcoastcosmetics.com/

Sekarang, "lipstik" tidak hanya merujuk pada tabung dengan isian seperti tanah liat lagi. Para wanita sudah memiliki beragam pilihan produk pewarna bibir, mulai dari lipstik cair yang mengering dengan tekstur matte hingga lip tint yang akan bertahan sepanjang hari.

baca juga


Lipstik dan Kontroversi

Lipstik ternyata tidak selalu dianggap sebagai produk penambah kecantikan. Pasalnya, produk kecantikan ini pernah dianggap sebagai produk skandal. Dimulai pada abad pertengahan, beberapa masyarakat mulai memandang rendah wanita yang memakai lipstik. Di Spanyol abad ke-6, misalnya, wanita dengan lipstik dikaitkan dengan pelacur. Kemudian, pada abad ke-17, sebagian pemuka agama menganggap bahwa praktik mengecat bibir merupakan tindakan mengubah rancangan Tuhan. Beberapa bahkan mengklaim itu dipakai oleh setan untuk menarik perhatian pria.

International Lipstick Day, Ketahui Yuk Asal Usul hingga Kontroversi Lipstik!
source: https://www.kget.com/

Berbagai kontroversi budaya mulai muncul dengan menciptakan kesan negatif pada lipstik. Meskipun begitu, masih banyak pula yang menilai penggunaan lipstik sebagai bagian dari seni dan keindahan. Itu sebabnya, lipstik masih terus mengalami perkembangan dengan banyak permintaan hingga saat ini. 


Lalu, Apa Itu Hari Lipstik Internasional?

Fashionista, blogger kecantikan, beauty influencer serta perusahaan kosmetik mulai merayakan Hari Lipstik Internasional sejak sekitar satu dekade lalu. Sayangnya, tidak ada yang tahu dari mana asalnya dan siapa yang memulai. 

International Lipstick Day, Ketahui Yuk Asal Usul hingga Kontroversi Lipstik!
source: https://www.maybelline.com.au/

Meskipun Hari Lipstik Internasional bukanlah hari libur, tetapi semua wanita tampak bersuka cita dengan hari spesial ini. Banyak orang tampaknya setuju dengan cara terbaik untuk merayakan hari lipstik ini. Beberapa diantaranya adalah dengan membeli warna lipstik baru atau memakai favorit lama. Jangan lupa, beberapa brand kosmetik juga memberikan diskon untuk beberapa produk lipstik hingga membagikan lipstik gratis!