Apa Itu Minyak Sayur?

3 Bahaya Minyak Sayur Untuk Kesehatan, Bagaimana Proses Pembuatannya?
source: https://www.nutritionadvance.com/

Minyak sayur adalah minyak yang berasal dari proses ekstraksi berbagai biji. Yang paling umum antara lain rapeseed (minyak canola), kedelai, jagung, bunga matahari, safflower, kacang tanah, dan lain sebagainya. Tidak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun yang dapat diekstraksi dengan cara pressing, minyak sayur ini harus diekstraksi dengan cara yang sangat tidak wajar.


Proses Pembuatan Minyak Sayur

3 Bahaya Minyak Sayur Untuk Kesehatan, Bagaimana Proses Pembuatannya?
source: https://www.dietdoctor.com/

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, minyak sayur ternyata diproduksi dengan melalui proses yang tidak biasa. Berikut ini adalah proses pembuatan minyak sayur dengan versi proses yang disederhanakan:

  • Langkah 1: Minyak diproduksi dari "biji canola" yang sebenarnya terbuat dari versi rapeseed hasil modifikasi secara genetis dan dirawat dengan pestisida.
  • Langkah 2: Bahan dipanaskan pada suhu tinggi yang tidak wajar sehingga mereka teroksidasi dan muncul bau tengik.
  • Langkah 3: Dilakukan proses pelarutan dengan minyak bumi untuk mengekstrak minyak.
  • Langkah 4: Dipanaskan lagi dengan menambahkan sedikit asam untuk menghilangkan padatan lilin berbahaya yang terbentuk selama pemrosesan pertama.
  • Langkah 5: Minyak ditambahkan beragam bahan kimia untuk memberikan warna.
  • Langkah 6: Aroma bau minyak untuk dihilangkan dengan melalui proses kimia lagi.
baca juga


Bahaya Minyak Sayur

Masalah Lemak Tidak Jenuh Ganda
Minyak sayur merupakan minyak yang berbahaya karena mengandung kadar lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang sangat tinggi. Lemak tak jenuh ganda sangat tidak stabil. Mereka mudah teroksidasi. Sehingga lemak yang teroksidasi ini dapat menyebabkan peradangan dan mutasi pada sel. Oksidasi itu terkait dengan segala macam masalah mulai dari kanker, penyakit jantung, endrometriosis, PCOS, dll. 

3 Bahaya Minyak Sayur Untuk Kesehatan, Bagaimana Proses Pembuatannya?
source: https://www.thoughtco.com/

Masalah Omega-6
Mommy pasti pernah mendengar tentang bagaiman bermanfaatnya lemak Omega-3 bagi kesehatan. Sayangnya, dalam minyak sayur juga memiliki konsentrasi asam lemak Omega 6 yang sangat tinggi. Asam lemak ini mudah juga teroksidasi. Hingga akhirnya asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan dan melindungi tubuh tetap tidak ada artinya dengan kandungan Omega-6 di dalamnya di mana ia dapat berpotensi besar memicu penyakit jantung koroner.

3 Bahaya Minyak Sayur Untuk Kesehatan, Bagaimana Proses Pembuatannya?
source: http://www.thehealthedgepodcast.com/
baca juga

Zat Berbahaya Lain
Selain tingkat lemak tak jenuh ganda dan asam lemak Omega-6 yang tidak alami, minyak sayur juga mengandung zat aditif, pestisida, dan bahan kimia yang terlibat dalam pemrosesannya. Bahkan, banyak pula minyak sayur yang mengandung BHA dan BHT (Butylated Hydroxyanisole dan Butylated Hydroxytoluene). Antioksidan buatan ini menjaga makanan agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Sayangnya, kandungan ini juga telah terbukti menghasilkan senyawa kanker dalam tubuh. Selain itu, mereka juga kerap dikaitkan dengan masalah sistem kekebalan tubuh, infertilitas, masalah perilaku, dan kerusakan hati dan ginjal.

3 Bahaya Minyak Sayur Untuk Kesehatan, Bagaimana Proses Pembuatannya?
source: https://www.alexfergus.com/


Itulah ulasan mengenai bahaya minyak sayur yang harus Mommy waspadai. Jadi, masih mau makan minyak sayur?