Tidur mendengkur saat hamil

Mendengkur terkadang dapat dikaitkan dengan gangguan tidur, disebut juga sleep apnea. Kondisi ini menyebabkan napas terhenti sesaat ketika tidur. Hal ini dapat mengundang bahaya bagi ibu hamil karena ketika napas terhenti, jumlah oksigen dalam darah pun menurun. 

Tidur mendengkur saat hamil
source: http://panduanlengkapuntukibuhamil.blogspot.com/2016/01/tidur-mendengkur-pada-saat-hamil.html?m=1

Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasi seringnya tidur mendengkur pada masa kehamilan ini:

Penyebab tidur mendengkur pada ibu hamil

  • Pertumbuhan rahim dan janin yang menekan diafragma membuat mamil jadi sulit bernapas, termasuk ketika sedang tidur. Ini membuat napas mamil menjadi berat.
  • Perubahan saluran napas yang dipicu oleh peningkatan hormon kehamilan, sehingga menyebabkan selaput lendir dan saluran hidung membengkak. Akibatnya, saat hamil jadi tidur mendengkur.
Tidur mendengkur saat hamil
source: https://www.google.co.id/amp/s/m.merdeka.com/amp/sehat/ibu-yang-mendengkur-saat-hamil-cenderung-punya-bayi-kecil.html
  • Peningkatan berat badan saat hamil membuat otot pernapasan terdesak, sehingga menyempit di bagian tenggorokan, lalu berbunyi saat dilewati udara.
  • Menurut Tess Graham, ahli pernapasan dan fisioterapis di Australia, stres (baik secara fisik, mental, maupun emosional) juga memengaruhi pernapasan dan dapat menyebabkan seseorang menjadi mendengkur.
baca juga

Dampak buruk mendengkur saat hamil

Menyebabkan preeklampsia dan tekanan darah tinggi
Menurut seorang pakar gangguan tidur, kebiasaan mendengkur saat tidur yang dimulai ketika hamil dapat menempatkan seorang ibu pada kondisi risiko yang lebih besar mengalami preeklamsia atau tekanan darah tinggi (hipertensi). Ini karena terhalangnya jalan napas pada malam hari merupakan faktor penyumbang meningkatnya tekanan darah tinggi dan preeklamsia pada kehamilan. 

Hambatan pada pertumbuhan janin
Sebuah temuan medis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara gangguan tidur, yaitu sleep apnea, dan Intrauterine Growth Retardation atau hambatan pada pertumbuhan janin. Bayi dengan kondisi Intrauterine Growth Retardation terlahir dengan ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan rata-rata dan mengalami keterlambatan perkembangan.

Tidur mendengkur saat hamil

Bayi lahir dengan berat badan rendah
Ibu hamil yang kerap mendengkur cenderung melahirkan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata. Moms patut waspada karena bayi dengan berat badan rendah diketahui lebih rentan terhadap serangan penyakit tertentu.

Studi tersebut juga mengatakan bahwa walau ada hubungan antara mendengkur saat hamil dengan peningkatan kecenderungan lahir secara caesar dan bayi lahir dengan berat badan rendah, hubungan tersebut tidak menunjukkan kaitan sebab-akibat. Namun, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola tidur sehat selama kehamilan dan menghindari mendengkur dengan beberapa cara berikut.

Tips mengatasi tidur mendengkur saat hamil

1. Gunakan obat semprot hidung
Biasanya mudah Moms temukan di apotek, dan merupakan cara efektif untuk mengatasi dengkuran. Ini bisa membersihkan obstruksi saluran hidung dan mencegah dengkuran.

2. Gunakan humidifier 
Asap hangat dari humidifier di kamar tidur, dapat mengatasi hidung tersumbat dan mencegah mendengkur. Pilih humidifier yang berfungsi selama delapan jam atau lebih agar tidur lebih nyenyak.

3. Tidurlah di sisi kiri 
Tidur menghadap kiri dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat tidur pulas. 

Tidur mendengkur saat hamil
source: http://www.cakapsehat.com/2016/07/waspadai-para-ibu-hamil-mendengkur-saat.html?m=1

4. Tinggikan kepala
Tinggikan kepala setidaknya memakai dua bantal untuk memungkinkan udara mengalir bebas.
Ini akan memudahkan pernapasan dan mengurangi dengkuran.

5. Perhatikan kebiasaan makan
Cara ini untuk menghindari penumpukan kalori daripada yang seharusnya dibutuhkan.
Karena, penambahan berat badan bisa menjadi salah satu alasan mendengkur. Maka dari itu, perhatikan apa yang dikonsumsi dan hindari makanan dengan nilai gizi nol.

6. Berhenti merokok
Merokok, alkohol, dan obat tidur dapat menghentikan saluran udara dan menyebabkan dengkuran. Kebiasaan buruk ini juga berbahaya bagi ibu hamil dan bayi dalam 
kandungan.

Berikut tadi seputar tidur mendengkur selama masa kehamilan beserta tipas cara mengatasinya. Akan tetapi, jika cara ini tidak membantu dan dengkuran yang dimiliki semakin membuat tidak nyaman, maka lekas mengunjungi dokter ya Moms.