Bicara soal fungsinya, tentu minyak kayu putih ini nggak sekedar menghangatkan tubuh lho. Manfaat minyak kayu putih antara lain, menghangatkan tubuh, mengatasi sakit kepala, mual, pilek, sakit gigi, nyeri sendi, gatal, serta dapat membunuh beberapa jenis jamur dan parasit yang ada di kulit. Selain itu, aroma minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengencerkan dahak dan meredakan batuk. Inilah kenapa minyak kayu putih hampir dimiliki oleh semua orang Indonesia terutama para ibu. Moms, pasti Moms pernah menggunakan minyak kayu putih untuk menghangatkan tubuh si Kecil kan? Amankah minyak kayu putih untuk bayi? Yuk simak di sini!

Kandungan Minyak Kayu Putih yang Berbahaya untuk Bayi

Kandungan Minyak Kayu Putih yang Berbahaya untuk Bayi

Minyak kayu putih merupakan hasil dari destilasi uap ranting dan daun segar pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Dalam minyak kayu putih yang telah melalui proses destilasi, terkandung bahan kimia bernama sineol (cineole). Jika Moms merasakan sensasi hangat setelah mengoleskan minyak kayu putih ke kulit, bahan kimia sineol inilah yang menyebabkan sensasi hangat tersebut pada kulit. 

Tapi, kandungan cineole cukup tinggi dalam minyak kayu putih sehingga dapat menyebabkan masalah pernafasan dan sistem saraf pada bayi. Jumlah cineole dalam minyak kayu putih ini tergantung pada kemotipe atau spesies tanaman. Dalam beberapa kasusnya, kandungan cineole dalam minyak kayu putih dapat menyebabkan iritasi atau sensasi terbakar pada kulit bayi. Minyak kayu putih bisa berbahaya bila tertelan oleh bayi lho Moms. 

Bayi bisa mengalami muntah, diare, sakit perut, mengalami masalah pernafasan, dan mengi. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan bisa menyebabkan kejang yang ekstrem dan koma. Minyak kayu putih juga bisa memicu serangan asma pada beberapa bayi. Jadi, Moms nggak boleh sembarangan menggunakan minyak kayu putih ya.

baca juga

Aturan Menggunakan Minyak Kayu Putih

Aturan Menggunakan Minyak Kayu Putih

Bila Moms tetap ingin menggunakan minyak kayu putih pada bayi, maka penting untuk mengetahui aturan aman menggunakannya. Moms juga perlu mengetahui jenis minyak kayu putih yang aman untuk bayi. Nah, Moms harus menghindari penggunaan jenis minyak Eucalyptus globulus untuk anak-anak, karena tidak aman untuk anak-anak di bawah usia 2. Jenis Eucalyptus radiata dapat digunakan bila telah berkonsultasi dengan dokter anak ya Moms. Perhatikan pula kemasan minyak kayu putih yang beredar bebas di pasaran. Coba perhatikan kemasan, cek tanggal kadaluarsa, dan sertifikasi Badan POM. Jika sudah Moms periksa semua, kemungkinan aman nih Moms.

Tips Aman Memakai Minyak Kayu Putih untuk Bayi

Tips Aman Memakai Minyak Kayu Putih untuk Bayi

Dilansir dari klikdokter.com, ada tiga hal yang perlu diperhatikan jika Moms ingin menggunakan minyak kayu putih untuk bayi.

1. Moms hanya boleh mengoleskan minyak kayu putih di sekitar perut, dada, dan punggung saja. Ketiga daerah itu dinilai paling aman untuk diolesi minyak kayu putih.

2. Jangan oleskan minyak kayu putih di tangan bayi karena dapat memperbesar risiko minyak kayu putih tertelan oleh bayi. Jangan juga oleskan minyak kayu putih di wajah dan alat kelamin bayi ya. Sebab kedua daerah tersebut lebih tipis dan sensitif dibandingkan daerah tubuh lainnya sehingga bisa menimbulkan panas yang nggak nyaman. Bahkan bayi bisa menangis karena kondisi ini lho.

3. Beberapa orang beranggapan meminumkan beberapa tetes minyak kayu putih dapat mengobati masuk angin pada bayi. Anggapan ini salah dan berbahaya karena justru dapat memicu iritasi di dalam perut bayi.

Nah, itulah informasi penting seputar minyak kayu putih Moms. Setelah baca ini, jangan lagi sembarangan menggunakan minyak kayu putih ya. Bisa bahaya untuk kesehatan si Kecil!