Setiap orang memiliki pola hidup yang berbeda, begitu juga dengan moms yang setiap harinya disibukkan dengan setumpuk pekerjaan sekaligus mendidik si kecil. Saat tubuh ini merasa lelah, sering kali tubuh memberi kita kode dengan rasa kantuk. Namun, hati-hati moms jika keseringan tidur lebih dari 8 jam. Bisa-bisa moms terkena 6 resiko ini!

1. Obesitas

Baik kurang maupun terlalu banyak tidur bisa menyebabkan kenaikan badan secara drastis. Lewat berbagai studi, meningkatnya resiko obesitas sebanyak 21 persen dikarenakan tidur selama  9 atau lebih dari 10 jam. Pengaruh kenaikan berat badan juga disertai oleh faktor seberapa sering moms olahraga dan asupan makanan sehari-hari.

baca juga

2. Penyakit Jantung

Tidur berlebihan tidak hanya membuat waktu berharaga moms bersama keluarga hilang, tapi juga menjadi taruhannya nyawa loh moms! Kok bisa?

Saat ini, masalah jantung adalah salah satu penyebab kematian yang paling umum, dan tidur selama lebih dari 8 jam semalam meningkatkan kemungkinan kematian akibat serangan jantung sebesar 34 persen.

Sebuah studi lain juga menemukan 72 ribu wanita yang tidur lebih dari 9 jam atau bahkan hingga 11 jam bisa meningkatkan 38 persen kemungkinan terkena serangan jantung dibanding wanita yang tidur selama 8 jam.

2. Penyakit Jantung

3. Diabetes

Serupa dengan obesitas, tidur terlalu banyak akan mempengaruhi kadar gula dalam darah moms. Orang dengan kadar gula tinggi pun akan mudah lelah dan sering mengantuk. 

Sedangkan sebuah studi menemukan bahwa tidur terlalu lama atau kurang tidur di malam hari dapat meningkatkan risiko mengidap diabetes. Para pengidap diabetes tipe dua, biasanya sering mengalami sleep apnea atau mendengkur hebat. 

baca juga

4. Sakit Kepala

Moms sering merasakan sakit di kepala? Bisa jadi salah satu penyebabnya karena tidur berlebihan atau tidur tidak teratur. Penelitian percaya bahwa efek dari terlalu malam tidur dapat berpengaruh pada sel saraf yang membawa neouron pada otak. 

Jika moms terlalu lama tidur di siang hari dan terganggu di malam hari sering kali kepa sakit saat terbangun di pagi hari. Akibat lainnya bisa membuat memori otak rusak dan menurunnya fungsi kognitif sehingga terkena penyakit alzheimer dan demensia.

4. Sakit Kepala

5. Depresi

Orang-orang yang mengalami depresi biasanya menggunakan tidur sebagai pelarian dari masalah mental yang mereka hadapi. Namun ada juga pengidap depresi yang justru tidak bisa tidur. Banyaknya hal yang dipikirkan sering membuat mereka insomnia.

Kalau kondisi tersebut terus berlanjut, maka akibatnya bisa menjadi lebih buruk karena menganggu jadwal tidur yang seharusnya. Hingga berlanjut pada rangkaian penyakit lainnya, seperti hilang nafsu makan, sistem imun menurun, kelelahan, hingga serangan jantung.

6. Sakit punggung

Terlalu lama tidur bisa membuat moms lebih pegal hingga sakit punggung. Moms harus lebih banyak beraktivitas demi meringankan sakit yang terasa.