Scrub wajah merupakan ritual wajib sebagai aktivitas membersihkan wajah dari kotoran. Selain itu, scrub wajah memiliki banyak manfaat seperti mencerahkan wajah, menyamarkan noda hitam, menghaluskan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, dan masih banyak lagi manfaatnya. Namun, kulit akan menjadi buruk dan rusak jika scrub wajah terlalu sering digunakan. Kenali yuk moms bahaya terlalu sering menggunakan scrub wajah lewat penjelasan di bawah ini.

Iritasi Kulit

Saat melakukan scrub wajah, selain jangan terlalu sering, juga jangan terlalu kasar saat menggosoknya. Hal tersebut bisa membuat kulit menjadi iritasi hingga timbul kemerahan dan kulit akan terasa perih.

Iritasi Kulit
baca juga

Kulit Kering

Terlalu sering menggunakan scrub bisa menyebabkan kulit kering. Kulit yang sehat adalah kulit yang selalu lembab, sehingga jika kulit moms kering membuat wajah tampak kusam dan muncul kerutan pada kulit wajah. Kulit kering lebih rentan terkena kuman dan bakteri.

Kulit Kering

Memperparah Jerawat

Kulit kering disebabkan karena sering menggunakan scrub. Sehingga kulit kering memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, terlalu sering menggunakan scrub bisa menyebabkan jerawat pada wajah moms makin parah. Selain jerawat, komedo pun jadi mudah bermunculan.

Memperparah Jerawat
baca juga

Pengelupasan Kulit

Jika moms mengalami pengelupasan kulit, bisa jadi penyebabnya karena terlalu sering perawatan kulit dengan scrub. Karena terlalu sering scrubbing, kulit menjadi sulit menyerap air sehingga kelembaban hilang dan kulit mengelupas.

Pengelupasan Kulit

Kulit Menjadi Sensitif

Wajah yang sering digosok oleh scrub membuah permukaan kulitnya terkikis sehingga kulit wajah mudah sensitif. Kulit sensitif karena pemakaian scrub wajah yang berlebih bisa menyebabkan kulit terasa gatal, perih seperti terbakar, serta timbul kemerahan pad wajah. Jika sudah seperti itu, tandanya moms harus berhenti menggunakan scrub wajah serta berhenti melakukan perawatan wajah apapun hingga kulit kembali normal.

Setelah itu, bisa gunakan scrub wajah 2 kali seminggu untuk jenis kulit berminyak, dan 1 kali seminggu untuk kulit normal, serta kulit kering 2 kali seminggu. Produk scrub wajah juga harus diperhatikan, karena bisa jadi produk scrub tersebut mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kulit. Moms bisa gunakan scrub wajah yang dibuat sendiri dengan bahan alami.

Kulit Menjadi Sensitif