Gula merah memiliki banyak manfaat jika dibandingkan dengan gula pasir yang berasal dari tebu. Gula merah mengandung antioksidan, vitamin, dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Maka dari itu gula merah tidak hanya digunakan sebagai bahan pemanis pada makanan dan minuman saja. Simak yuk segudang manfaat gula merah untuk tubuh di bawah.

Sumber Antioksidan

Manfaat yang dihasilkan gula merah yakni mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, karena pada gula merah mengandung antioksidan yang tinggi. Gula merah sebagai sumber antioksidan pun bermanfaat mengatasi masalah penuaan yang menyerang kulit.

Sumber Antioksidan
baca juga

Mengatasi Anemia

Gula merah mengandung zat besi dan folat yang berfungsi mengatasi anemia sehingga kadar darah merah di dalam tubuh kembali normal. Hemoglobin Jika moms merasa kelelahan karena mengalami anemia, gula merah bisa menjadi obat alami, lho.

Mengatasi Anemia

Membersihkan Darah

Penyakit yang berhubungan dengan darah bisa diatasi dengan mengonsumsi gula merah, termasuk untuk meningkatkan hemoglobin atau sel darah merah. Termasuk untuk membersihkan darah di dalam tubuh bisa dengan rutin mengonsumsi gula merah.

Membersihkan Darah
baca juga

Menurunkan Berat Badan

Gula merah dipercaya bermanfaat mengeluarkan racun di dalam tubuh sekaligus mampu membakar kalori dalam tubuh dengan tetap mempertahankan metabolism tubuh. Elektrolit dalam tubuh pun menjadi seimbang. Maka dari itu gula merah bisa membuat berat badan turun.

Menurunkan Berat Badan

Obat Menstruasi

Masalah yang biasanya terjadi adalah menstruasi tidak lancar, atau mengalami kram saat sedang menstruasi. Maka dari itu, gula merah biasa dikonsumsi sebagai obat menstruasi untuk mengembalikan siklus menstruasi yang normal, serta mengatasi masalah kram atau sakit perut. Selain itu, peredaran kembali lancar setelah mengkonsumsi gula merah.

Obat Menstruasi

Melancarkan Fungsi Sistem Saraf

Masalah sistem saraf yang tidak lancar bisa diatasi dengan gula merah. Gula merah mengandung vitamin B1, B6, dan B12 yang membantu menjaga kesehatan sel-sel sarah, sekaligus mengatasi masalah nyeri otot dan kesemutan.  

Melancarkan Fungsi Sistem Saraf

Mengatasi Kelelahan

Gula merah mengandung karbohidrat kompleks yang bermanfaat memberikan energi lebih untuk tubuh dalam jangka waktu lama. Sehingga bisa mengatasi moms yang sedang kelelahan, terlebih gula merah mengandung folat dan zat besi.

Mengatasi Kelelahan

Mangatasi Masalah Pernapasan

Penyakit asma maupun bronkhitis bisa diatasi dengan rutin mngonsumsi gula merah. Gula merah bisa diandalkan sebagai obat untuk segala jenis masalah pernapasan. Gula merah juga berfungsi mengatur suhu tubuh, lho, moms.

Mangatasi Masalah Pernapasan