Kandungan nutrisi kerang

Beberapa jenis kerang yang biasanya dikonsumsi adalah kerang dara dan kerang hijau. Keduanya sama-sama kaya akan nutrisi selama Moms memilih kerang yang segar. Dan inilah kandungan nutrisinya:

  • Kalori dan Lemak: dalam 3 ons porsi kerang hijau, terdapat kandungan kalori dan lemak sekitar 145 kalori dengan 4 gram lemak, 6 gram karbohidrat 48 mg kolesterol dan 314 mg sodium.
  • Protein: dalam 85 gram kerang terdapat 11 gram protein atau 22 persen dari angka kecukupan gizi (AKG) harian.
  • Asam Lemak Omega-3: pada tiap gram kerang mengandung 392 mg omega-3 dan 32 mg omega-6.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Aturan Konsumsi dan Tips Mengolahnya yang Benar
source: https://m.kumparan.com/babyologist/bolehkah-ibu-hamil-mengonsumsi-kerang-1536237835929258209
  • Vitamin A: mengonsumsi semangkuk kerang mampu memenuhi sekitar 10-18 persen asupan vitamin A harian yang dibutuhkan orang dewasa.
  • Vitamin B12: semangkuk kerang juga mampu memenuhi kebutuhan harian vitamin B12 untuk orang dewasa.
  • Vitamin C: terdapat 11,1 miligram atau 18 persen dari AKG dalam 85 gram kerang.
  • Zat besi: kerang juga mengandung 12 miligram zat besi atau 66 persen dari AKG
  • Kalsium: 78,2 miligram atau 7 persen dari AKG.
  • Kalium: 533,8 miligram atau 15 persen dari AKG.
  • Mangan: 0,4 miligram.
  • Selenium: 67 mikogram.

Manfaat kerang untuk kesehatan

1. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi dalam kerang mampu menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi. Dengan demikian, mengonsumsi seporsi kerang segar dapat menghindarkan Moms dari berbagai masalah jantung seperti pengerasan pembuluh arteri dan serangan jantung. 

2. Mengatasi anemia
Orang yang sering mengalami anemia perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Nah, kerang adalah salah satunya. Mengonsumsi kerang yang kaya akan zat besi bisa membantu meningkatkan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin adalah protein khusus yang berfungsi untuk membawa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh. Dengan adanya hemoglobin, organ-organ dalam tubuh bisa mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga bisa berfungsi dengan baik. Dengan demikian, Moms bisa terhindar dari anemia.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Aturan Konsumsi dan Tips Mengolahnya yang Benar
source: https://www.google.co.id/amp/s/id.theasianparent.com/makan-kerang-saat-hamil/amp

3. Menjaga fungsi sistem saraf
Tubuh manusia memerlukan vitamin B12 yang berperan penting dalam membantu sistem saraf agar dapat berfungsi dengan baik. Kekurangan vitamin B12 akan membuatmu berisiko mengalami kerusakan saraf hingga penurunan fungsi otak. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk memenuhi asupan vitamin B12 setiap hari. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi kerang yang kaya akan vitamin B12.

4. Meningkatkan kekebalan dan metabolisme tubuh
Kerang mengandung kadar protein hewani yang sangat tinggi dan juga kandungan asam amino esensialnya yang hampir mencapai 100 persen. Nah, protein merupakan salah satu nutrisi penting yang berguna untuk menjaga tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, termasuk dalam menjaga daya tahan dan metabolisme tubuh. Selain itu, asupan protein juga diperlukan untuk membentuk otot, enzim, hormon, dan organ-organ tubuh lainnya.

baca juga

Bolehkah ibu hamil makan kerang?

Sebenarnya bagi ibu hamil, tidak ada pantangan untuk mengkonsumsi kerang. Kerang justru mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh janin yang dikandung. Berbagai macam seafood lainnya seperti ikan, udang, cumi- cumi, remis, kepiting, dan juga kerang ini merupakan jenis makanan yang disebut- sebut mengandung protein yang tinggi serta omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan janin. Ikan laut juga mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Aturan Konsumsi dan Tips Mengolahnya yang Benar
source: http://www.kamussehat.com/apakah-boleh-makan-kerang-bagi-ibu-hamil/

Namun dalam mengkonsumsi makanan laut terutama jenis kerang ini juga tidak bisa sembarangan. Ibu hamil harus mengkonsumsi kerang dengan jumlah dan juga cara yang benar. Pasalnya ada beberapa efek negatif yang nantinya bisa ditimbulkan dari pengonsumsian kerang dengan cara yang tidak benar.

Aturan konsumsi kerang untuk ibu hamil

Menurut dr. Sonia Loviarny mengkonsumsi kerang saat hamil boleh saja dilakukan. Mengingat kerang adalah salah satu bagian seafood yang sangat kaya akan protein, zat besi, zinc, dan omega 3 yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Menurutnya, hal yang harus diwaspadai ketika ibu hamil mengonsumsi seafood bukanlah jenisnya melainkan kandungan merkurinya. Sebab ibu hamil yang mengkonsumsi seafood dengan kandungan merkuri yang tinggi memang dapat menganggu perkembangan otak dan sistem saraf pada janin.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Aturan Konsumsi dan Tips Mengolahnya yang Benar
source: https://bidanku.com/bolehkah-ibu-hamil-makan-kerang

Food and Drug Administration (FDA) menyatakan bahwa seafood yang memiliki kandungan merkuri tertinggi ialah seafood yang berukuran besar. Seperti ikan todak (swordfish), hiu, makarel, dan tilefish. Adapun seafood yang memiliki kandungan merkuri terendah adalah salmon, sarden, ikan kod, dan lele.

Ibu hamil tetap boleh mengkonsumsi seafood dengan kandungan merkuri yang rendah sebanyak 2-3 porsi (220-340 gram) per minggu.

baca juga

Tips aman memilih dan mengolah kerang bagi ibu hamil

Berikut ini beberapa tips memilih dan mengolah kerang yang aman saat hamil:

  • Pastikan bahwa kerang tersebut masih segar. Lebih baik pilih kerang yang masih dalam keadaan hidup. Dengan kondisi cangkangnya masih terbuka
  • Selalu pilih kerang yang berasal dari perairan jernih serta tidak terkontaminasi polusi industri
  • Jangan memilih kerang yang telah berbau amis
Bolehkah Ibu Hamil Makan Kerang? Ini Aturan Konsumsi dan Tips Mengolahnya yang Benar
source: https://m.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3812889/cara-merebus-kerang-agar-cepat-terbuka-tanpa-mengurangi-nutrisinya
  • Jangan mengkonsumsi kerang yang masih mentah ataupun setengah matang. Karena kerang mentah bisa meningkatkan risiko keracunan pada ibu hamil. Karena seafood, terutama kerang mentah sangat rentan terkontaminasi oleh bakteri, virus, dan toksin yang jahat.
  • Bila ingin mengkonsumsi kerang, sebaiknya pastikan bahwa Moms telah memasak kerang tersebut dengan matang sempurna. Setidaknya dalam suhu internal 145 F atau 63 C.
  • Biasanya cangkang kerang akan terbuka ketika kerang telah matang. Hindari mengonsumsi kerang dengan cangkang yang tidak terbuka.


Nah Moms, jadi tidak perlu ragu lagi ya menginsumsi kerang ketika hamil asalkan tidak berlebihan dan cara pemilihan dan pengolahannya benar. Semoga informasi ini bermanfaat.