1. Berikan Anak Makanan yang Halal

Memulai dari yang halal adalah kunci agar iman semakin baik. Karenanya berikan anak makanan yang halal juga dapat mempermudah si kecil hafalan Al-Quran. Lewat pemberian asupan yang halal juga setiap doa yang dipanjatkan akan cepat mustajab, sebagaimana hadist Rasulullah yang berbunyi,

“Wahai Saad perbaikilah makananmu, makanlah dari makanan yang baik-baik. Niscaya kamu akan menjadi orang yang mustajab doanya” (HR Ath Thabrani).

5 Tips Mendidik Anak Agar Mudah Menghafal Al-Quran, Ketahui Cara Cepatnya Yuk!

2. Putarkan Bacaan Al-Qur’an Setiap Saat

Mendengarkan Al Quran secara konsisten dapat membantu otak anak lebih mudah mengingat hafalan. Mendengarkan Al-Quran ini sebaiknya bukan hanya dilakukan juga dari anak usia balita, namun jauh sebelumnya. Sebab anak usia dini memiliki sifat mudah menyerap berbagai hal yang ada di sekitarnya. Jika anak sering mendengar Al-Quran, maka secara tidak langsung anak juga menghafal. Jadi yuk putarkan anak bacaan Al-Qur’an setiap saat ya moms, bahkan saat si kecil sedang asik bermain sekalipun.

3. Beri Anak Apresiasi Untuk Usahanya

Beri anak apresiasi setiap kali anak berhasil menghafal moms, tujuannya tentu agar si kecil makin termotivasi dari dalam. Hal senada juga disampaikan psikolog Eileen Kennedy-Moore, Ph.D., yang menyatakan bahwa anak akan lebih termotivasi melakukan sesuatu hal jika dia dijanjikan hadiah atau reward.

Penghargaan atau apresiasi tidak selalu berbentuk barang lho moms tapi juga bisa berupa pujian. Misalnya dengan melakukan gerakan seperti mengangkat jempol ataupun bertepuk tangan.

5 Tips Mendidik Anak Agar Mudah Menghafal Al-Quran, Ketahui Cara Cepatnya Yuk!

4. Cari Cara Mengajar yang Unik

Mengajarkan Al-Qur’an dengan cara yang unik agar anak tidak merasa bosan adalah pilihan yang tepat. Karena masa anak-anak memang menjadi masanya untuk bermain, maka suatu kewajaran jika si kecil sulit untuk fokus pada satu hal dan mudah bosan.

Keunikan dari pembelajaran juga harus disesuaikan dengan karakter anak tersebut. Misalnya pada anak yang belum bisa membaca dan cenderung aktif, moms bisa mengajarkan hafalan dengan arti ayat, contohnya untuk kata Allah minta anak menunjuk ke atas.

5. Orangtua Menjadi Teladan Buat Anak

Selain mengajarkan anak dengan metode yang tepat, juga penting rasanya jika orangtua menjadi teladan buat anak secara langsung. Sebab kemampuan anak mencontoh lebih baik dari kemapuan mendengarnya. Jadi bila ingin anak baik maka jadilah teladan yang baik, moms.

Seperti itulah tadi beberapa tips yang bisa moms terapkan untuk membantu anak lebih semangat menghafal. Semoga dengan usaha dan doa yang moms lakukan, anak-anak dapat menghafal Al-Quran dengan lebih mudah. Selamat mencoba.