Jadi Favorit Banyak Orang, Yuk Ketahui Cara Memasak Mie Instan yang Sehat!

Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan

Menurut ahli kesehatan, kandungan gizi dalam mie instan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Mie instan itu merupakan makanan yang tinggi lemak, natrium, dan kalorinya. Sehingga, membuatnya sulit untuk dicerna.

Bahkan, mie instan memiliki kandungan monosodiun glutamat (MSG) yang dapat membahayakan kesehatan otak. Kandungan garam dan MSG yang sangat tinggi dalam mie instan membawa pengaruh kurang baik bagi kesehatan tubuh.
 
Bila dikonsumsi dalam intensitas yang terlalu sering dapat mengakibatkan gejala seperti sakit kepala, mati rasa di beberapa bagian tubuh, kesemutan, serta dapat menaikkan resiko sindrom kardiometabolik. Sebab, mie memiliki unsur kimia yang disebut sebagai bisphenol A yang dapat mengganggu cara kerja hormon. Selain itu, juga bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, misalnya seperti tekanan darah tinggi dan kemungkinan resiko penyakit jantung, diabetes, maupun stroke.

Jadi Favorit Banyak Orang, Yuk Ketahui Cara Memasak Mie Instan yang Sehat!

Cara Masak Mie Instan yang Sehat

Untuk meredam bahaya mie instan, ada baiknya bila moms tidak mengkonsumsinya terlalu sering. Tapi, jika memang ingin mengkonsumsinya, sebaiknya dikombinasikan dengan menambahkan sayuran dan makanan sehat lainnya.
 
Selain itu, moms juga bisa mengikuti cara masak mie instan yang sehat. Caranya yaitu:

  • Pertama, setelah merebus mie instan, sebaiknya buang air rebusan mienya. Kekeruhan yang meninggalkan rasa sedap pada rebusan air pertama ini tidak baik karena adanya percampuran minyak, air, dan juga zat pengawet. Moms bisa mengganti air rebusan mie dengan air hangat biasa atau kaldu dari rebusan daging ataupun ayam asli agar bisa meminimalisir efek buruknya.
  • Kedua, kurangi penggunaan bumbunya. Bumbu mie instan banyak mengandung MSG didalamnya. Jika kurang asin, moms bisa menambahkan garam. Jika kurang pedas bisa ditambah irisan cabe alami. Moms juga bisa mengganti bubuk instannya dengan bumbu buatan sendiri dari sedikit garam yang dihaluskan dengan bawang putih, bawang merah, lada, dan ketumbar.
  • Supaya membuat sehat dan bisa melengkapi nutrisi dalam mie instan, moms juga bisa menambahkan sayuran, telur, ataupun daging. Beberapa sayuran yang bagus untuk dicampurkan ke dalam mie instan, diantaranya yaitu bok choy, selada air, bawang bombay, daun bawang, dan bisa pula dengan sayuran yang lainnya.

 
Nah, itulah moms cara masak mie yang sehat. Oh ya, perlu diingat pula moms, jangan lagi moms mengkonsumsi mie instan dengan nasi. Meskipun rasanya enak tapi hal tersebut benar-benar tidaklah baik bagi kesehatan tubuh. Mari menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan bergizi dan kurangi yang kurang sehat.