Siasati

Ketika anak kecil bereksplorasi, itu artinya mereka sedang belajar. Semakin banyak yang mereka eksplor maka semakin banyak pula hal yang mereka pelajari. Seperti halnya mencoret-coret dinding. Hal ini akan membuat mereka mengenal bentuk atau warna. Jangan larang si kecil mencoret-coret dinding ya, Moms. Biarkan kegiatan corat-coretnya yang menyenangkan, namun ganti medianya dengan media lain. Misalnya menempatkan papan tulis berukuran besar di salah satu sisi dinding. Biarkan anak berkreasi di papan tersebut dan dia pun bisa menyalurkan hobinya di dinding. Atau sedia kertas agar mereka bisa berkreasi sesuka hati.

Siasati
source: https://siedoo.com/

Ajak Anak Bermain Di Luar

Salah satu penyebab anak hobi membiarkan mainannya berantakan di dalam rumah adalah karena kurangnya durasi anak mengeksplorasi lingkungan di luar rumah. Jadi coba ajak anak untuk bermain di luar rumah. Ajak juga teman sebayanya. Jadi tenaga dan energinya teralihkan dengan aktivitas lain. Moms bisa membuat kolam renang buatan, mengajak si kecil mendirikan tenda kecil, atau sekadar main bola di depan rumah.

Ajak Anak Bermain Di Luar
source: https://www.johnsonsbaby.co.id/
baca juga

Beri Pengertian

Sebaiknya Moms menyimpan mainan anak di tempat yang rapi dan tertutup. Moms bisa memilih kontainer plastik atau storage yang berbentuk lucu. Kemudian, ajari si kecil untuk bertanggung jawab atas mainannya sendiri yang sudah dikeluarkan dari tempatnya. Tanamkan pada si kecil agar merapikan apa yang sudah dia gunakan jika sudah selesai. Tentu ini tidak sekali dua kali ya, Moms. Mungkin butuh beberapa kali, jadi Moms harus sabar.

Beri Pengertian
source: https://lifestyle.okezone.com/

Ajak Anak Membersihkan Rumah

Meskipun masih kecil, tapi mengajak anak membersihkan rumah juga merupakan salah satu cara agar rumah Moms bersih meski punya balita. Tentu bukan pekerjaan yang berat, tapi beri si kecil pekerjaan ringan. Seperti membuang sampah kering di dalam rumah atau mengelap meja. Hal ini juga akan melatih si kecil untuk terbiasa hidup bersih sejak kecil. Selain itu, si kecil juga akan terbiasa dengan kegiatan membersikan rumah.

Ajak Anak Membersihkan Rumah
source: https://hellosehat.com/

Nah Moms, itu tadi tips agar rumah tetap bersih meski punya balita. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms.