Tips dan Cara Mandi Kering Saat Bayi Sedang Sakit


Berikut ini tips dan tata cara memandikan bayi yang sedang sakit menggunakan cara mandi kering:

Siapkan Alas Mandi Bayi

Jika Moms ingin mandikan si kecil dengan cara mandi kering, lakukan aktivitas mandi di atas kasur atau box bayi. Tahap pertamanya, Moms harus menyiapkan alas mandi anti air agar kasur atau box bayi tidak basah. Moms bisa menggunakan perlak sebagai alas mandi bayi. Agar lebih mudah dan air tidak tumpah ke kasur, gunakan perlak dengan ukuran yang cukup besar.

Tips dan Cara Mandi Kering Saat Bayi Sedang Sakit
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRuQNdT8tT2n0RCXJx2VrtO2XPZM_JFwoZEU0JaBzn9-7C8zZ1D
baca juga

Siapkan Waslap atau Handuk yang Sudah Direndam Air Hangat

Cara memandikan bayi seperti ini tidak menggunakan banyak air dan bak mandi. Moms hanya butuh satu buah waslap atau handuk, kemudian rendam waslap atau handuk tersebut dalam air hangat. Pastikan air tidak terlalu panas agar tidak menyakiti kulit si kecil saat sedang mandi. Waslap atau handuk yang digunakan juga harus berbahan halus dan tidak kasar, sehingga nyaman saat menyentuh kulit si kecil.

Tips dan Cara Mandi Kering Saat Bayi Sedang Sakit
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcS9XeLUivNQD8Gg5JjAFtfRZQNKqpqMNbtdnC-T9O4uYfaPhE2G

Lepaskan Pakaian dan Gosok Seluruh Badan Bayi

Setelah mempersiapkan semua alat mandinya, segera lepaskan pakaian bayi dan mulai bersihkan seluruh badan bayi. Bagian pertama yang dibersihkan yaitu perut bagian depan kemudian punggung dan bagian belakang badan. Moms harus tetap berhati-hati saat membersihkan badan bagian belakang. Setelah itu bersihkan bagian lipatan tubuh seperti ketiak, leher, lipatan siku dan lutut, sela-sela jari, wajah dan telinga, serta bagian selangkangan dan kemaluan. Jika tidak memungkinkan, bagian rambut dan kepala tidak perlu dibasuh. Lakukan dengan lembut ya, Moms!

Tips dan Cara Mandi Kering Saat Bayi Sedang Sakit
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcSK4du9te9s-xYfcxxuWIJMv9WtdCRPREFOAivAcDOXwQXhg7lW
baca juga

Lakukan Finishing Setelah Mandi

Setelah kegiatan mandi selesai, keringkan tubuh si kecil dengan handuk kering dan berikan minyak telon, lotion bayi, nappy cream, dan krim lainnya yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit si kecil. Pastikan badan si kecil kering dengan baik ya Moms agar tidak masuk angin.

Tips dan Cara Mandi Kering Saat Bayi Sedang Sakit
source: https://images.ctfassets.net/6m9bd13t776q/423ufUN2c0ggoaYGwgciOw/7888434ba7d9bb9497f4b49b7178200c/best-baby-lotion-desktop.jpg?q=75

Demikian tips dan tata cara melakukan mandi kering untuk si kecil yang sedang sakit. Semoga bermanfaat Moms!