Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Menstruasi yang tidak teratur merupakan tanda paling umum pada kondisi PCOS. Jika Mommy memiliki PCOS, jadwal menstruasimu mungkin akan berantakan. Tiadk hanya itu, saat menstruasi, darah yang keluar akan sangatlah banyak. Selain itu, PCOS juga dapat menyebabkan:

  • infertilitas
  • rambut pada wajah dan tubuh yang berlebihan
  • kebotakan
  • berat badan berlebih atau obesitas
Siklus Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.endocrinologyadvisor.com/


Masalah Tiroid

Masalah pada kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan menstruasi yang berlangsung lebih lama dan berjarak lama. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa 44 persen wanita dengan menstruasi juga menstruasi tidak teratur juga memiliki masalah pada kelenjar tiroid. Pasalnya, hipotiroidisme, atau tiroid yang kurang aktif, dapat menyebabkan haid yang lebih lama, lebih berat, dan peningkatan kram. Selain itu, wanita dengan masalah tiroid juga mungkin menunjukkan gejala lain seperti mengalami kelelahan, kepekaan terhadap dingin, dan kenaikan berat badan berlebih.

Siklus Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.thyroid.com.au/
baca juga


Endometriosis

Endometriosis ternyata menyerang 1 dari 10 wanita, di mana ini merupakan kondisi adanya jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini biasanya menyebabkan kram menstruasi yang sangat menyakitkan, hingga membuat tubuh menjadi lemah. Selain itu, endometriosis juga menyebabkan perdarahan hebat, menstruasi berkepanjangan, dan perdarahan di antara siklus menstruasi.

Siklus Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.healthdirect.org.au/


Penurunan Berat Badan dan Gangguan Makan yang Ekstrem

Penurunan berat badan yang berlebihan atau instan dapat menyebabkan siklus menstruasi seseorang terganggu hingga bahkan berhenti. Pasalnya, tidak mengkonsumsi kalori yang cukup dapat mengganggu produksi hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi. Selain itu, berat badan dengan indeks massa tubuh lebih rendah dari 18,5 juga identik dengan menstruasi tidak teratur, kelelahan, sakit kepala, dan rambut rontok.

Siklus Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://www.alodokter.com/
baca juga


Olahraga Berlebihan

Olahraga yang intens atau berlebihan juga terbukti mengganggu hormon yang bekerja dalam siklus menstruasi. Para atlet wanita yang ikut serta pelatihan intensif dan wanita-wanita yang aktif dalam beragam kegiatan fisik, seperti penari juga sering mengalami amenore, yaitu haid tidak tidak teratur. Untuk mengatasinya, mereka harus mengurangi pelatihan dan meningkatkan jumlah asupan kalori untuk dapat membantu memulihkan siklus menstruasi.

Siklus Menstruasi Tak Lancar? Mungkin Ini 5 Penyebabnya
source: https://zula.sg/


Itulah beberapa masalah yang menjadi penyebab siklus menstruasi menjadi tidak lancar. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!