Awal Mula Alergi

Kebanyakan orang yang memiliki alergi biasanya akan mulai merasakan adanya alergi pertama kali saat mereka masih berada pada usia anak-anak atau bayi. Alergi-alergi ini berbeda satu sama lain, seperti misalnya alergi pada makanan, bulu hewan, debu, hingga cuaca dan suhu dingin. Namun, diketahui juga bahwa seiring bertambahnya usia, beberapa orang tampaknya merasakan berkurangnya gejala alergi dibandingkan dengan sewaktu kecil.

Apakah Alergi Bisa Disembuhkan? Kenali Ragam Penyebabnya
source: https://mediaxpose.co.za/


Penyebab Alergi

Secara umum, alergi dapat terjadi akibat aistem kekebalan tubuh yang bereaksi berlebihan terhadap paparan zat yang tidak berbahaya. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh seharusnya hanya bekerja saat ada serangan dari paparan zat berbahaya seperti virus dan bakteri. Namun, pada kasus alergi, sistem kekebalan tubuh bekerja keliru menargetkan serbuk sari, bulu hewan atau zat dalam makanan tertentu dengan mengirimkan molekul yang disebut antibodi imunoglobulin E (IgE) untuk mengatur "pertahanan" hingga mengakibatkan gejala yang asing bagi tubuh.

Apakah Alergi Bisa Disembuhkan? Kenali Ragam Penyebabnya
source: https://www.health24.com/
baca juga


Apakah Alergi Bisa Hilang?

Para dokter sebenarnya tidak tahu persis mengapa alergi orang bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia, gejala alergi ini tidak hanya bisa hilang, tetapi juga bisa berubah dari variasi alergen hingga respon yang tampak.

Apakah Alergi Bisa Disembuhkan? Kenali Ragam Penyebabnya
source: https://www.greenpeople.co.uk/

Tidak hanya itu, tingkat keparahan reaksi alergi juga dapat mengalami perubahan yang signifikan dari waktu yang berbeda. Ini bisa dikatakan terjadi akibat tingkat keparahan dari karakteristik lingkungan hingga alergen itu sendiri. Sebagai contoh, sebagian mereka yang alergi dengan bulu kucing mungkin akan bersin saat bermain dengan kucing tetangga. Tetapi ada beberapa kucing yang malah tidak menimbulkan reaksi sama sekali. 


Sembuh dari Alergi

Dalam kasus alergi yang hilang atau sembuh, beberapa ahli menyimpulkan bahwa tubuh orang dengan kondisi tersebut mungkin mengalami proses adaptasi dengan alergen. Inilah yang pada akhirnya mampu mengurangi tingkat sensitivitas sistem kekebalan tubuh. Bahkan, kini beberapa dokter menekankan pemberian paparan alergen pada tubuh untuk melatih adaptasi toleransi terhadap makanan dari tingkat rendah hingga meningkat secara bertahap.

Apakah Alergi Bisa Disembuhkan? Kenali Ragam Penyebabnya
source: https://www.telegraph.co.uk/

Namun, pahamilah bahwa pada dasarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan alergi. Pasalnya, ada banyak misteri mengenai penyebab gejala alergi yang berkurang atau hilang mengingat masih ada kasus di mana alergi muncul kembali setelah pernah hilang beberapa waktu.