1. Mau Berbagi

Kemauan berbagi makanan atau mainan dapat membantu anak-anak lebih mudah untuk berteman. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Psychological Science, anak-anak dengan usia dua tahun dapat menunjukkan keinginan untuk berbagi dengan orang lain, hanya ketika ia memiliki barang yang memang banyak dan berlimpah. Namun, seiring berjalannya waktu, anak-anak dengan usia antara 3 dan 6 tahun cenderung lebih mementingkan diri sendiri daripada membagi apa yang dimiliki dengan anak lain. Itulah sebabnya, penting bagi Mommy untuk mulai mengajarkan anak cara peduli dan memikirkan orang lain sejak dini.

5 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak, Ajarkan Sejak Dini Moms
source: https://www.verywellfamily.com/


2. Bekerja sama

Bekerja sama berarti bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Anak-anak yang memiliki kemampuan bekerja sama yang baik menunjukkan potensi diri untuk mampu berkontribusi, berpartisipasi, dan membantu sesama dalam sebuah projek atau target. Keterampilan kerja sama yang baik sangat penting untuk bisa bergaul dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. 

5 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak, Ajarkan Sejak Dini Moms
source: https://www.youtube.com/watch?v=o0tuB5_Rvjs
baca juga


3. Menyimak

Menyimak bukan hanya mendengarkan kata-kata dan kalimat saja. Menyimak juga berarti benar-benar menyerap pesan yang dikatakan orang lain. Perlu diketahui juga bahwa menyimak adalah komponen penting dari kemampuan berkomunikasi yang sehat. Jika dilatih dengan baik, kemampuan menyimak seorang anak akan berkembang dengan optimal. Salah satunya adalah meningkatkan kemampuan anak dalam memahami banyak pembelajaran di sekolah.

5 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak, Ajarkan Sejak Dini Moms
source: http://interfaithkids.org/


4. Mengikuti Arahan

Anak-anak yang kesulitan dalam mengikuti arahan cenderung mengalami berbagai konsekuensi dalam kehidupan sosialnya. Mulai dari kesulitan dalam mengulang tugas pekerjaan rumah mereka sampai mendapat masalah karena melakukan hal yang tidak sejalan dengan aturan. Pasalnya, tidak mengikuti arahan atau aturan bisa menjadi masalah besar saat seseorang menjadi bagian dari masyarakat.

5 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak, Ajarkan Sejak Dini Moms
source: https://www.beenke.com/
baca juga


5. Menghormati Ruang Pribadi Orang Lain

Dalam kehidupan bersosial, penting untuk mengajari anak-anak cara menghargai ruang pribadi orang lain. Buatlah aturan rumah tangga yang mendorong anak-anak untuk menghormati ruang pribadi orang lain. Aturan seperti "Ketuk pintu yang tertutup," dapat menjadi cara yang tepat untuk mengajarkan anak mengenai hal ini. Ini juga berlaku pada saat anak menginginkan sesuatu, ajarkan cara untuk meminta izin terlebih dahulu.

5 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak, Ajarkan Sejak Dini Moms
source: https://www.dailytelegraph.com.au/


Itulah lima keterampilan sosial yang penting untuk dimiliki anak. Pastikan Mommy selalu memerhatikan hal ini untuk membantu anak tumbuh menjadi individu yang siap bergabung dalam lingkungan sosial nantinya.