Ketika masih kecil, otak anak masih berkembang pesat dan mudah menerima hal-hal baru dan mengingatnya. Namun pada saat Moms ingin mulai mengenalkan Bahasa Inggris pada anak pastikan dulu anak sudah mampu memahami dan menguasai bahasa ibu (bahasa pertama yang dipelajari seorang anak dari keluarganya).

Jika menurut Moms anak sudah mampu memahami bahasa ibu, Moms baru boleh mengajarkan bahasa asing kepada anak agar anak tidak bingung dalam menerima bahasa tersebut. Nah, Moms cara berikut ini akan mudah dipahami anak dan menarik minatnya akan Bahasa Inggris. Yuk, simak penjelasannya!

Percakapan Sehari-hari

Moms bisa mulai melatih anak mengenal Bahasa Inggris dengan melakukan percakapan sederhana pada anak di rumah. Misal dengan menyapanya saat ia bangun tidur “hi, good morning” atau bertanya seputar kegiatannya sepulang sekolah “how’s your day?”.  Percakapan-percakapan sederhana seperti ini akan membuat anak terbiasa mendengar Bahasa Inggris dan akan melatih anak untuk mulai berbicara Bahasa Inggris, sedikit demi sedikit.

4 Cara Mengajarkan Bahasa Inggris Pada Anak Sejak Dini

Melalui Buku Cerita

Mengenalkan anak dengan Bahasa Inggris tidaklah sulit. Moms bisa membacakan buku cerita Bahasa Inggris seperti dongeng sebelum tidur atau buku aktivitas harian Berbahasa Inggris kepada anak. Setelah membacakan buku, Moms bisa melakukan tanya jawab atau diskusi kepada anak seputar buku tersebut. Dengan cara ini, diharapkan anak akan tertarik terhadap Bahasa Inggris dan akan menjadi kebiasan nantinya untuk senang membaca buku.

Melalui Buku Cerita
baca juga

Menempelkan Poster

Menempelkan berbagai macam poster Berbahasa Inggris di dalam kamar anak seperti, poster angka, hewan, transportasi, profesi, buah-buahan, dan lain-lain dapat melatih kemampuannya dalam membaca dan spelling Bahasa Inggris. Selain itu, juga akan menambah perbendaharan kata melalui poster-poster tersebut.

Menempelkan Poster

Melalui Lagu

Cara ini menjadi yang paling digemari anak-anak, pasalnya anak akan lebih menyukai nyanyian karena ia bisa lebih mudah mengespresikan dirinya saat bernyanyi. Dengan sering menyanyikan lagu Bahasa Inggris bersama anak akan membuatnya terbiasa dalam pengucapan Bahasa Inggris dan membuatnya mengingat kosakata baru. Moms disarankan harus sering-sering mencari lagu-lagu anak Berbahasa Inggris yang mudah ia ikuti.

Melalui Lagu