Kebanyakan anak kecil menyukai binatang peliharaan seperti anjing atau kucing. Binatang peliharaan seperti itu sangat lucu, friendly, dan juga cuddly. Tak hanya itu, ternyata anak yang tumbuh besar bersama hewan peliharaan bisa memperoleh beberapa manfaat lho, baik secara fisik maupun perkembangan psikologis. Here are the explanations!


1. Mewujudkan Pertemanan

Jika anakmu merupakan anak satu-satunya, memiliki hewan peliharaan merupakan hal yang baik. Dengan adanya hewan peliharaan, sang anak dapat memiliki teman bermain di rumah. Tidak hanya bermain, bahkan hewan peliharaan seperti anjing dapat menjadi penenang si kecil saat ia merasa sedih, marah, atau takut. Sebab, menurut studi yang telah dilakukan, mengelus dan bermain dengan hewan peliharaan dapat melepaskan stres.


2. Gaya Hidup Lebih Aktif

Memiliki hewan peliharaan juga dapat membuat gaya hidup menjadi lebih aktif. Faktanya, penelitian terkini menunjukan bahwa anak yang memiliki anjing cenderung lebih sering berolahraga lebih lama 11 menit dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki peliharaan sama sekali. It sounds reasonable, karena kebanyakan anjing perlu untuk diajak berjalan-jalan atau berlari setiap hari. Jadi, hal itu akan memotivasi anak untuk bergerak lebih aktif.


3. Mengajarkan Tanggung Jawab

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan tanggung jawab kepada anak adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Merawat, dan memastikan bahwa hewan peliharaan sudah diberi makan dan minum yang cukup dapat memberikan anak gambaran tentang sebuah tanggung jawab.


4. Meningkatkan Kesehatan Anak

Ternyata, terdapat penelitian yang mengatakan bahwa bayi yang berinteraksi secara dekat dengan hewan peliharaan cenderung lebih jarang sakit. Sering berinteraksi dengan bulu hewan dan mikroba yang dibawa hewan peliharaan dari luar ternyata justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh si bayi. Karena itu, anak yang tumbuh bersama dengan hewan peliharaan juga memiliki risiko terkena alergi yang lebih kecil.


5. Membuat Anak Lebih Ceria

Manfaat paling besar yang didapatkan dari memiliki hewan peliharaan adalah dapat membuat sang anak lebih ceria. Interaksi dengan hewan peliharaan terbukti dapat meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin yang dapat membangun perasaan positif di dalam tubuh, sehingga anak pun bisa lebih ceria. They simply can make children happier!

source: https://id.pinterest.com/pin/28217935140672763/