Moms, kolesterol memang ada di setiap tubuh manusia. Sebab, kolesterol itu terbentuk di dalam hati dan memiliki fungsi yang penting. Dalam tubuh ada dua jenis kolesterol, yaitu; Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang bisa menempel di dinding-dinding pembuluh darah dan bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik yang dapat melindungi pembuluh darah dari plak, serta bisa melindungi jantung.

Kadar kolesterol dalam keadaan normal berkisar antara 160 – 200 mg. Jika melebihi kadar 240 mg, maka dapat dikatakan kolesterol tinggi. Berikut beberapa makanan pendamping yang dapat moms konsumsi saat makan daging.

Hindari Kolesterol Tinggi di Musim Kurban, Ini 6 Makanan Penurun Kolesterol!

Buah Belimbing

Kandungan serat dan vitamin dalam belimbing dapat menyerap lemak yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu juga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Belimbing pun terkenal sebagai buah anti-kanker. Moms bisa mengkonsumsinya dengan dimakan langsung ataupun mengolahnya jadi jus yang segar dan nikmat yang dapat diminum secara rutin setiap hari.
 
Brokoli

Sayuran hijau ini terkenal sebagai sayuran yang kaya akan manfaat. Kandungan serat di dalamnya dapat mengikat asam empedu di saluran pencernaan dan kantong kemih untuk mengurangi kolesterol dari dalam tubuh. Moms dapat mengkonsumsinya dengan mengukus, menjadikannya salad, sup, ataupun tumisan.

Hindari Kolesterol Tinggi di Musim Kurban, Ini 6 Makanan Penurun Kolesterol!

Alpukat

Alpukat kaya akan kandungan asam folat, asam pantoteat, asam lemak tak jenuh, serat, magnesium, glutation, dan vitamin-vitamin. Kandungan zat-zat tersebut dapat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol. Moms dapat mengkonsumsinya langsung atau menjadikannya jus alpukat.
 
Tomat

Kandungan Likopen yang tinggi dalam tomat mampu mengurangi kadal LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Moms bisa mengkonsumsinya dengan memakannya langsung ataupun menjadikannya jus buah tomat yang segar dan nikmat.
 
Kubis

Sayuran ini memiliki banyak kandungan serat, protein, air, dan lemak nabati yang sangat bermanfaat guna menurunkan kolesterol. Selain dijadikan sayur, kubis juga bisa diolah untuk obat penurun kolesterol. Caranya, yaitu dengan memotong-motong kubis dalam ukuran kecil lalu diambil sarinya. Sari dari kubis ini dapat dikonsumsi secara rutin setiap hari.

baca juga
Hindari Kolesterol Tinggi di Musim Kurban, Ini 6 Makanan Penurun Kolesterol!

Bayam

Sayuran hijau ini memiliki kandungan zat Lutein yang mampu melindungi organ jantung dari adanya lemak jahat pada pembuluh darah. Moms dapat memasaknya sebagai sup ataupun cukup mengolahnya dengan cara merebusnya asalkan tidak memasaknya terlalu lama agar kandungan zatnya tidak hilang. Atau, moms bisa mengolah bayam dengan menjadikannya jus yang segar.
 

Nah, itulah moms beberapa makanan pendamping penurun kolesterol. Selain menggunakan obat-obatan dari dokter, ada buah dan sayuran yang bisa moms konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jangan lupa dikonsumsi saat moms banyak makan menu olahan daging ya, moms.