Jangan Biarkan Tubuh Menggigil!

Menggigil merupakan sebuah tanda bahwa tubuh merasa kedinginan. Bila merasa dingin, sebaiknya cepat menghangatkan tubuh dengan menutupi badan agar udara dingin yang menyengat tidak langsung menyentuh kulit. Apalagi bagi anak-anak yang rentan kedinginan. Moms juga dapat memakai pakaian yang tertutup, tebal dan nyaman, misalnya seperti jaket sehingga tubuh bisa tetap hangat. Selain itu, moms juga bisa menggunakan kaus kaki, sarung tangan, maupun topi untuk mempertahankan kehangatan suhu tubuh.

Tips Mencegah Sakit Karena Pengaruh Suhu Dingin, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh!

Makan Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Asupan makanan yang dikonsumsi keluarga dapat mempengaruhi daya tahan tubuh. Untuk tetap menjaga kebugaran agar tidak gampang sakit, moms haruslah menjaga pola makan sehat dan bergizi, seperti sayur ataupun buah.

Cukupi Kebutuhan Air Dalam Tubuh

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh)  yang akan memperburuk kesehatan, moms haruslah menjaga asupan air ke tubuh. Minum air putih yang banyak. Selain itu, hindari minum minuman yang mengandung kafein secara berlebihan seperti kopi atau minuman bersoda. Sebab, dengan mengonsumsi minuman tersebut akan memperberat dehidrasi. Tubuh juga dapat tidak tahan terhadap dingin.

Tips Mencegah Sakit Karena Pengaruh Suhu Dingin, Yuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh!

Memakai Hand and Body Lotion

Kulit akan mudah kering dan kaku pada saat suhu dingin. Guna menjaga kelembaban kulit, moms bisa mengoleskan lotion. Udara dingin yang menyengat dan langsung kontak dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kaku. Untuk mengatasinya, moms bisa mengoleskan lotion pada kulit tangan dan telapak kaki.
 
Saat sedang kedinginan, moms akan merasa dingin pada kaki dan tangan. Kemudian, rasa dinginnya akan menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Hal ini merupakan salah satu bentuk mekanisme tubuh dalam mempertahankan suhu tubuh inti. Karena, pada saat kedinginan, aliran darah diprioritaskan ke bagian vital tubuh. Itulah yang membuat bagian kaki dan tangan akan merasa kedinginan terlebih dulu.
 
Nah, demikianlah mom mengenai apa saja pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak mudah sakit di musim suhu dingin seperti belakang ini. Seperti sebuah kutipan yang sering terdengar, “lebih baik mencegah dari pada mengobati”, maka lebih baik melakukan pencegahan ketimbang harus mengobati penyakit yang sudah menyerang kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sebagai antisipasi dalam pencegahan agar tidak mudah sakit karena pengaruh suhu dingin yang terutamanya terjadi pada malam hari.