1. Pola Makan Tidak Sehat

5 Kebiasaan yang Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok
source: https://www.goodhousekeeping.com/

Melewatkan waktu makan dan kurangnya asupan gizi yang dibutuhkan tubuh akan membuat banyak nutrisi lebih digunakan pada fungsi-fungsi penting, seperti membantu jantung dan otak Anda bekerja. Tidak heran jika akhirnya nutrisi yang seharusnya bisa berperan menguatkan rambut akan dikorbankan. Itulah sebabnya, agar bisa menyelamatkan helaian rambut dari kondisi buruk, penting untuk mengonsumsi makanan seimbang yang kaya protein seperti lentil, ikan, telur, daging, dan lain sebagainya. 


2. Terlalu Sering Mandi Air Panas

5 Kebiasaan yang Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok
source: http://www.beautyramp.com/

Mandi air hangat di malam hari sepulang kerja memang menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Sayangnya, jika terlalu sering, mandi panas berisiko mengeringkan helai rambut hingga akhirnya menyebabkan rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu, terlalu sering mandi air panas juga akan membuat rambut menjadi lebih mudah patah dan rontok. Bahkan, keramas dengan air panas dapat menghilangkan minyak alami yang nantinya memicu produksi lebih banyak minyak pada kulit kepala. Pada akhirnya ini hanya akan menyebabkan lebih banyak rambut rontok.

baca juga


3. Kesalahan Menangani Rambut Basah

5 Kebiasaan yang Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok
source: https://www.bustle.com/

Rambut yang basah dengan air akan lebih rentan terhadap kerontokan dan rapuh daripada rambut kering. Ini disebabkan karena kutikula pelindung pada rambut basah sedikit. Jangan heran jika menyisir rambut saat rambut basah akan membuatnya semakin rontok. Itulah sebabnya, pastikan untuk menjaga rambut agar tidak kusut saat keramas dengan tidak membuatnya menjadi acak-acakan. Dengan begitu, menyisir setelah keramas tidak akan menyebabkan rambut banyak yang rontok.


4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

5 Kebiasaan yang Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok
source: https://www.youtube.com/watch?v=yLQzjZg6jpg

Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan folikel rambut menjadi stres. Kondisi ini akhirnya dapat membuatnya rusak dan mengakibatkan rambut lebih cepat rontok. Selain itu, pada beberapa kasus ekstrem, kebiasaan mengikat rambut kecang juga berisiko mengakibatkan traksi alopecia, yaitu suatu kondisi yang secara permanen melemahkan folikel sehingga tidak mungkin lagi rambut tumbuh.

baca juga


5. Menggunakan Pemanas Rambut

5 Kebiasaan yang Ternyata Menyebabkan Rambut Rontok
source: https://lifestyle.okezone.com/

Saat kulit kepala terpapar panas yang tidak diinginkan setiap kali mengeringkan rambut dengan hair dryer atau catokan, rambut akan lebih melemah dan cenderung mudah patah. Temperatur yang tinggi dapat merusak protein rambut dan kutikula hingga menyebabkan rambut lebih tipis. Jadi, kurangi penggunaan produk penata rambut yang menggunakan panas. Kalaupun terpaksa, pastikan untuk mengaplikasikan cream yang bisa melindungi rambut dari panasnya paparan alat penata rambut.