Kapan Bayi Mulai Tumbuh Gigi?

Kebanyakan gigi bayi tumbuh pertama kalinya antara usia 4 sampai 6 bulan, meski untuk beberapa hal mungkin terjadi lebih awal atau lambat. Dan apa pun yang Nenek katakan, saat gigi pertama anak kamu muncul, itu tidak ada hubungannya dengan kecerdasan.

Usia bayi tumbuh gigi pertamanya tergantung pada riwayat keluarganya. Jadi, jika kamu tumbuh gigi lebih awal, maka anak kamu mungkin juga mengalami hal sama.

Biasanya, dua gigi depan bagian bawah (gigi insisivus sentral) adalah yang pertama muncul, diikuti oleh empat gigi depan bagian atas (gigi insisivus sentral dan lateral). Tapi variasi dalam urutan mungkin terjadi namun bukanlah masalah serius. Anak kamu harus memiliki satu set lengkap gigi utama pada saat dia berusia hampir tiga tahun.
 

source: https://hellosehat.com



 

baca juga

Gejala Tumbuh Gigi

Tidak semua bayi memiliki gejala tumbuh gigi. Tapi bagi bayi yang tidak seberuntung itu, kedatangan gigi mungil tersebut bisa menyebabkan banyak kesengsaraan. Gejala yang mungkin dimiliki seorang anak saat tumbuh gigi adalah meneteskan air liur, yang bisa menyebabkan ruam pada dagu atau wajah, pembengkakan dan kepekaan gusi, mudah tersinggung, menggigit, atau masalah tidur.

Bayi kamu mungkin juga menggosok wajahnya, menarik-narik telinganya, atau bahkan menolak untuk makan dan minum. Beberapa orang tua merasakan bahwa bayi mereka menderita demam ringan, diare, atau pilek, namun tumbuh gigi tidak menyebabkan gejala ini. Sebaliknya, luka terbuka kecil di gusi yang diakibatkan oleh gigi yang meletus membuatnya lebih mungkin bagi bayi untuk menangkap sedikit serangga.
 

source: https://www.cosmomom.net/



 

Bagaimana dengan Bayi Lahir Premature

Bayi dengan berat lahir rendah dan prematur mungkin mengalami keterlambatan saat gigi pertama mereka tumbuh. Jika bayi kamu tidak menunjukkan tanda-tanda akan menumbuhkan gigi pada hari ulang tahunnya yang pertama, diskusikan dengan dokter anak.

Kamu juga harus menghubungi dokter anak jika bayi kamu tumbuh gigi dan mengalami demam tinggi, diare, atau muntah, gusi terlihat sangat meradang, gusi berwarna biru, dan gusi memiliki lesi atau benjolan.
 

source: http://bundaupdate.com



 

baca juga

Tonggak Pertumbuhan Bayi

Tentu, anak kamu akan terlihat menggemaskan saat dia tersenyum dan menunjukkan dua gigi bawah yang kecil itu, namun proses untuk mendapatkannya tidak terlalu menyenangkan bagi kamu dan si Kecil.

Kabar baiknya adalah, semua proses pertumbuhan bayi ini bukanlah hal yang janggal. Tumbuh gigi, merangkak, berjalan dan berbicara, merupakan tonggak penting yang menunjukkan bahwa anak kamu sesuai jalur.
 

source: http://mimipipi.net



 

Kemampuan Memproses Makanan

Dengan tumbuhnya gigi itu menandakan bahwa si Kecil sudah bisa mengolah makanan yang masuk ke mulutnya. Tanpa mereka, dia bisa terjebak makan bubur semuanya, selamanya.

Letusan gigi berarti anak memperoleh kemampuan untuk menghancurkan daging, menggigit plum, dan mengunyah kacang-kacangan, sehingga tumbuh gigi bayi memiliki efek tidak langsung terhadap kenaikan berat badannya, memperkuat kekebalan tubuh, dan memperbaiki perkembangan tulang dan otak.
 

source: https://perawatanbayi.com



 

Keterampilan Bicara

Gigi bayi kamu akan membantu keterampilan bahasanya. Seiring tumbuh gigi, bayi mendapatkan gigi dan bisa semakin menggigit dan mengunyah makanan bertekstur lebih banyak, mereka berolahraga dan membangun otot-otot motorik halus untuk perkembangan bicara rahang, pipi, lidah, dan bibir. Plus, anak kamu perlu menggunakan giginya untuk mengembangkan suara selanjutnya.
 

source: http://www.momjunction.com