Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, kebiasaan tidur seseorang akan perlahan berubah. Beberapa orang mungkin merasa membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan sebagian yang lain merasa tidur mereka tidak senyaman dulu. Selain itu, penuaan juga berdampak pada gejala mendengkur karena sebagian karena otot-otot tenggorokan dan lidah cenderung lebih rileks saat tidur seiring bertambahnya usia. Inilah yang akhirnya menyebabkan getaran pada napas yang mengarah pada dengkuran.

5 Penyebab Mendengkur Saat Tidur, Berat Badan Salah Satunya
source: https://www.sleepscore.com/


Kondisi Hidung dan Tenggorokan

Penyakit fisik tertentu di hidung dan tenggorokan dapat mengakibatkan seseorang untuk mendengkur saat tidur. Kondisi ini mungkin termasuk septum yang menyimpang (suatu kondisi yang terjadi saat dinding yang membagi lubang hidung digeser ke satu sisi), polip hidung (pertumbuhan lunak yang melapisi bagian dalam sinus), dan pembesaran amandel atau kelenjar gondok. Selain itu, beberapa alergi musiman atau pilek juga bisa menjadi penyebab seseorang mendengkur.

5 Penyebab Mendengkur Saat Tidur, Berat Badan Salah Satunya
source: https://www.medicalnewstoday.com/
baca juga


Posisi Tidur

Jika lebih diperhatikan, seseorang yang mendengkur lebih banyak terjadi saat tidur dengan posisi terlentang dibandingkan dengan saat tidur miring. Jika ini yang terjadi padamu atau pasanganmu, masalah dengkuran dapat diatasi dengan mengganti posisi tidur dengan posisi yang miring ke samping.

5 Penyebab Mendengkur Saat Tidur, Berat Badan Salah Satunya
source: https://www.independent.co.uk/


Berat Badan Berlebih

Berat badan yang berlebih bisa menjadi faktor risiko untuk banyak masalah kesehatan. Tidak hanya itu, kondisi berat badan berlebih ini juga merupakan kontributor dalam kasus mendengkur sebagian orang. Pasalnya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan tonus otot yang buruk dan menambah jaringan di sekitar leher dan tenggorokan. Dua penyebab inilah yang pada akhirnya menyebabkan dengkuran saat tidur.

5 Penyebab Mendengkur Saat Tidur, Berat Badan Salah Satunya
source: https://www.umu.se/
baca juga


Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko seseorang. Alkohol adalah pelemas otot yang kuat dan dapat menyebabkan area di sekitar tenggorokan dan jalan napas mengendur saat tidur. Jangan heran jika ini menghasilkan getaran ketika saat seseorang bernapas di tidurnya. Jadi, pastikan untuk mengurangi asupan alkohol untuk mencegah tidur mendengkur.