Moms pasti sudah tahu bahwa ASI adalah asupan makanan terbaik bagi bayi. Meskipun begitu tidak semua ibu bisa memberikan anaknya ASI eksklusif, baik karena faktor kesehatan maupun kesibukan. Saat seorang ibu bekerja dan tidak memiliki masalah dalam produksi ASI, biasanya ia akan memberikan ASI perah (ASIP) dari botol. Tapi meskipun kebutuhan asupan makan bayi sudah terpenuhi dengan ASIP, moms tetap tidak boleh melewatkan sesi menyusui bayi secara langsung lho, karena ternyata menyusui secara langsung memberi manfaat lain yang tidak bisa didapat dari pemberian ASI perah.  

Manfaat Menyusui Bayi Secara Langsung, Tingkatkan Bonding Ibu dan Anak

Manfaat Menyusui Secara Langsung

Selain manfaat nutrisi yang bisa didapat dari pemberian ASI itu sendiri, menyusui secara langsung juga memberikan manfaat non-nutrisi yang tidak hanya dirasakan oleh anak tapi juga bisa dirasakan ibu. Beberapa manfaat dari menyusui secara langsung ini bahkan sudah dibuktikan dengan penelitian yang melibatkan ratusan responden.

Manfaat Menyusui Secara Langsung
baca juga

Menjamin ASI Higienis dan Aman

Saat memberikan anak ASIP, moms harus memperhatikan kebersihan botol atau media pemberian ASIP, kelayakan ASIP berdasarkan masa simpannya, hingga suhu penyajian ASIP. Hal tersebut tentu tidak perlu moms lakukan jika menyusui bayi secara langsung, karena ASI yang langsung diberikan dari payudara pasti sudah terjamin higienitas dan keamanannya.

Menghindarkan Anak dari Risiko Obesitas

Penelitian yang dilakukan oleh Canadian Healthy Infant Longitudinal Development yang melibatkan 2500 bayi mengatakan bahwa, anak yang berhenti menyusu sebelum usia 6 bulan memiliki tingkat BMI lebih tinggi. Mereka juga mengalami kenaikan berat badan yang lebih cepat, sehingga berisiko lebih tinggi mengalami obesitas. 

Menghindarkan Anak dari Risiko Obesitas
baca juga

Memperkuat Bonding Ibu dan Anak

Ibu yang menyusui secara langsung akan lebih sensitif terhadap isyarat bayinya. Ibu menyusui juga akan lebih sering menyentuh, membelai, dan menatap bayinya lebih lama, sehingga bonding antara ibu dan bayi akan lebih erat. Kedekatan ibu dan bayi ini akan bermanfaat dalam pembentukan karakter anak.

Memperkuat Bonding Ibu dan Anak

Membantu Memberi Jarak pada Kelahiran

Menyusui secara langsung ternyata mampu menjadi metode kontrasepsi secara alami loh moms. Saat bayi menghisap puting, hormon yang mengatur keluarnya ASI akan menekan produksi hormon ovulasi. Jadi jika ibu menyusui belum menstruasi dan masih menyusui secara langsung maka setidaknya selama enam bulan setelah melahirkan ibu tidak akan hamil kembali.

Membantu Memberi Jarak pada Kelahiran

Memberi Manfaat Psikobiologi bagi Ibu

Manfaat psikobiologi yang bisa diperoleh ibu yang menyusui langsung yaitu merujuk pada manfaat kesehatan yang akan dirasakan ibu. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menyusui bisa membuat ibu terhindar dari beberapa penyakit seperti kanker payudara, kanker ovarium, stres, hipertensi, hingga alzheimer.

Memberi Manfaat Psikobiologi bagi Ibu