Menstruasi adalah hal yang rutin dialami wanita, meski begitu berbagai permasalahan kerap muncul dan menyertai datangnya menstruasi. Selain nyeri, masalah yang bisa muncul saat menstruasi adalah ruam karena pembalut. Kelembaban yang meningkat selama masa menstruasi, kulit sensitif, serta pemilihan pembalut yang salah adalah beberapa hal yang bisa memicu timbulnya ruam.

5 Cara Mengatasi Kulit Gatal dan Ruam Karena Pembalut Saat Menstruasi

Cara Mengatasi Ruam karena Pembalut Saat Menstruasi

Meskipun tidak semua mengalaminya, tapi ruam karena pembalut saat menstruasi bagi beberapa wanita adalah masalah yang sangat mengganggu. Ruam biasanya terjadi di area yang bersentuhan langsung dengan pembalut seperti selangkangan atau paha bagian dalam. Ruam selama masa menstruasi adalah hal yang sangat mengganggu, untuk moms yang kerap mengalaminya bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara ini.

Cara Mengatasi Ruam karena Pembalut Saat Menstruasi
baca juga

Kompres dengan Es

Untuk meredakan ruam serta rasa panas dan gatal yang ditimbulkan moms bisa mengompresnya menggunakan es. Caranya gunakan kantong, kain, atau handuk untuk membungkus es lalu letakkan pada area ruam selama beberapa menit. Yang perlu diingat ketika moms ingin meredakan ruam dengan es adalah jangan sampai terjadi kontak langsung antara es dengan kulit.

Kompres dengan Es

Olesi dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni mengandung antibakteri, antioksidan, analgesik, dan antimikrobakteri. Kandungan tersebut akan sangat ampuh untuk mengatasi kulit yang meradang, termasuk ruam yang disebabkan oleh pembalut. Untuk memakainya ambil sedikit minyak kelapa, gosokkan di telapak tangan lalu aplikasikan pada bagian yang ruam. Biarkan minyak meresap selama 30 menit atau semalaman sebelum dibilas.

Olesi dengan Minyak Kelapa
baca juga

Kompres dengan Daging Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat menenangkan kulit, sehingga mengaplikasikannya pada kulit yang ruam akan mencegah munculnya gatal. Selain itu lidah buaya juga mengandung antijamur, antibakteri, serta anti peradangan. Cara menggunakan lidah buaya yaitu bersihkan lidah buaya dari gel atau getahnya lalu aplikasikan pada area yang ruam, biarkan selama 30 menit dan bersihkan. 

Kompres dengan Daging Lidah Buaya

Basuh dengan Air Rebusan Daun Sirih

Sejak dulu daun sirih memang sudah dikenal manfaatnya untuk daerah kewanitaan. Selain untuk menjaga aroma dan kebersihan kewanitaan, daun sirih juga bisa moms manfaatkan untuk atasi ruam yang disebabkan oleh pembalut. Caranya rebus 3-5 lembar daun sirih, dinginkan lalu gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan. Gunakan air rebusan daun sirih ini secara rutin agar ruam tidak mudah timbul lagi. 

Basuh dengan Air Rebusan Daun Sirih

Gunakan Krim atau Salep Kortikosteroid

Jika ruam yang moms alami sudah sangat mengganggu dan dirasa tidak bisa lagi diatasi dengan cara-cara alami, maka moms bisa menggunakan salep atau krim kortikosteroid. Gunakan satu kali sehari selama 7-10 hari hingga iritasi membaik. Untuk mendapatkan jenis dan dosis krim atau salep yang tepat, sebaiknya moms berkonsultasi dulu kepada dokter.

Gunakan Krim atau Salep Kortikosteroid