Apa Sih HIIT Cardio Itu?

Apa Sih HIIT Cardio Itu?

HIIT Cardio adalah jenis olahraga kardio yang memadukan latihan intensitas tinggi dan intensitas rendah. Karena waktu istirahatnya yang singkat, membuat HIIT Cardio dapat membakar karbohidrat dan lemak lebih banyak. Biasanya HIIT Cardio dilakukan selama 45 menit aktif dan 15 menit istirahat. Gerakannya pun tergolong mudah seperti squat, plank, push up, jumping jack dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lalu apa sih keistimewaannya dibanding olahraga biasa?

Keistimewaan HIIT Cardio

baca juga

1. Membakar Kalori 2x Lebih Banyak

1. Membakar Kalori 2x Lebih Banyak

Meskipun gerakan HIIT Cardio tergolong lebih praktis, ternyata pembakaran lemak yang terjadi lebih banyak dibandingkan dari olahraga kardio biasa. Hal ini karena denyut jantung meningkat hingga hampir 90% selama masa latihan. Oleh karena itu, terjadilah pembakaran tanpa oksigen dan hanya fokus membakar lemak bukan mengikis otot. Tak heran, hanya 10 menit melakukan HIIT Cardio, keringat yang dihasilkan 'ngucur' habis Moms.

2. Waktu Lebih Singkat

2. Waktu Lebih Singkat

Tingginya intensitas olahraga yang dilakukan, membuat olahraga HIIT Cardio ini dibatasi frekuensinya. HIIT Cardio hanya boleh dilakukan selama 10-45 menit saja. Meskipun waktunya relatif singkat, HIIT Cardio ini setara bahkan lebih banyak membakar kalori dibandingkan dengan lari dalam kurun waktu 1 jam. Untuk proses recovery yang maksimal setelah olahraga, Moms bisa melakukannya 2 hari sekali lho. Bisa lebih hemat dan tidak menyita waktu deh.

baca juga

3. Fokus Menaikkan Massa Otot

3. Fokus Menaikkan Massa Otot

Berbeda dengan olahraga kardio biasa yang mengikis massa otot, HIIT Cardio justru sebaliknya. Karena olahraga HIIT Cardio hanya fokus pada bagian yang dilatih, maka lemak-lemak pada bagian tertentu akan dibakar dan diubah menjadi otot. Enggak perlu takut jadi wanita yang berotot layaknya binaragawan. Faktanya, perkembangan otot wanita tidak secepat perkembangan otot pria dimana pria memiliki hormon testosteron yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan massa ototnya.

4. Proses Pembakaran Terus Berlanjut

4. Proses Pembakaran Terus Berlanjut

Jika pada olahraga kardio biasa pembakaran lemak akan terhenti begitu saja setelah olahraga selesai, HIIT Cardio tidak begitu lho, Moms. Meskipun olahraga telah selesai, proses pembakaran lemak masih saja berlangsung hingga 24 jam kedepan. Hal ini karena tingginya intensitas olahraga yang dilakukan dapat meningkatkan 85-90% denyut jantung meskipun olahraga telah usai. Aktivitas ini lah yang menyebabkan tubuh melakukan proses pembakaran tanpa oksigen (anaerob). Jangan heran jika tubuh akan terasa panas pada bagian-bagian tertentu setelah melakukan HIIT Cardio ini.