Limbah plastik memang cukup meresahkan. Moms bisa ikut berperan untuk mengatasi atau setidaknya mengurangi permasalahan tersebut. Ada banyak upaya yang dapat dilakukan seperti mengurangi penggunaan benda berbahan plastik, menggunakan plastik berbahan ramah lingkungan, hingga mengkreasikan sampah plastik menjadi berbagai kerajinan yang bermanfaat.
 
Berkreasi dengan limbah botol bekas bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak-anak, moms. Tidak hanya untuk mengisi waktu kosong saja, namun membuat kerajinan tangan juga bisa mengasah kreativitas anak agar lebih berkembang. Tak hanya sampai di situ, recycle atau mendaur ulang barang yang tak berguna menjadi barang baru yang bermanfaat dapat mengajarkan pola berfikir hemat dan tidak menyia-yiakan sesuatu.

Nah, untuk kreasi botol plastik, moms bisa mencoba membuat 3 hal ini. Ikuti langkah-langkahnya dengan tepat ya, moms.

Ragam Kreasi Limbah Botol Bekas, dari Vas Bunga Hingga Kebun Hidroponik

Vas bunga
 
Bagi moms yang suka bunga atau tanaman mungil, kreasi vas bunga dari botol plastik bekas ini sangat cocok dicoba. Untuk bahan-bahannya, yaitu botol plastik bekas minuman (bisa berbagai ukuran), pisau, gunting, cat dan kuas.
 
Cara pembuatannya mudah kok moms, pertama potong bekas menjadi dua bagian, gunakan bagian botol yang bawah. Kedua, gunting unjung botol dengan berbagai bentuk yang dinginkan. Bisa berbentuk telinga hewan, atau yang lainnya. Ketiga,buatlah lubang kecil pada bagian bawah botol. Keempat, warnai botol yang telah dibentuk sesuai dengan karakter yang diinginkan. Vas bunga siap digunakan.
 
Spray (Penyiram) tanaman
 
Moms punya tanaman yang harus disiram setiap hari? Ide kreatif ini dapat membantu penyiraman tanaman di kebun atau halaman secara lebih efektif dan efisien, moms. Bahan dan cara pembuatannya pun cukup sederhana dan bisa dilakukan moms bersama dengan anak-anak.
 
Pertama, siapkan botol plastik bekas ukuran 1,5L, buatlah beberapa lubang kecil pada permukaan botol. Kemudian hubungkan botol yang sudah dilubangi tersebut dengan slang air, dan penyiram tanaman siap digunakan. Tinggal letakkan pada tempat yang strategis sehingga banyak tanaman yang terjangkau siramannya.

Ragam Kreasi Limbah Botol Bekas, dari Vas Bunga Hingga Kebun Hidroponik

Kebun hidroponik
 
Menanam dengan metode hidroponik kini cukup diminati moms. Selain karena hemat tempat, metode hidroponik juga cukup mudah dipraktikkan di rumah. Air yang dibutuhkan pada tanaman hidroponik lebih sedikit daripada tanaman dengan media utama tanah, Jadi, sangat cocok digunakan pada daerah dengan pasokan air sedikit.
 
Moms juga tidak perlu perlengkapan yang mahal. Untuk membuat perlengkapan bertanam hidroponik kecil-kecilan, botol plastik bekas bisa dimanfaatkan jadi media tanam. Berikut cara penanaman tanaman hidroponik sistem sumbu menggunakan botol plastik bekas:

  • Siapkan botol plastik bekas minuman minimal ukuran 600ml, atau sesuaikan dengan jenis tanaman. Kemudian potong botol plastik menjadi dua bagian dengan atas sedikit lebih pendek dibanding bagian bawah
  • Lubangi tutup botol dibagian tengah yang nantinya akan dimasukkan sumbu
  • Lubangi bagian bawah botol sedikit ke atas agar air bisa keluar jika terlalu banyak. Lubangi juga bagian atas didekat tutup botol
  • Masukkan sumbu ke tutup botol yang telah dilubangi, setelah itu pasang kembali tutup botolnya
  • Masukan bagian atas potongan botol ke bagian bawah dengan posisi terbalik. kemudian memasukan media tanam seperti spon atau sekam diatas sumbu
  • Masukan air atau disebut juga dengan cairan nutrisi ke dalam botol. Nantinya tanaman akan terus mendapatkan nutrisi dari air yang naik keatas dari sumbu.
  • Tempatkan botol di area yang tidak terkena hujan atau air namun tepat mendapatkan cahaya matahari yang cukup yang dibutuhkan oleh tanaman

Sudah siap berkreasi dengan limbah plastik? Selain mudah, bahan-bahannya juga sudah ada di sekitar kita, moms. Jadi, jangan langsung dibuang ya. Ajak anak mengasah kreativitasnya dengan membuat kerajinan dari limbah botol plastik.