1. Keguguran dan Lahir Mati

Kehilangan kehamilan yang tak terduga merupakan kejadian tragis pada tahap apapun. Keguguran biasanya terjadi pada tiga bulan pertama kehamilan. Pada kesempatan langka, hal ini bisa terjadi setelah 20 minggu masa kehamilan. Ini disebut kelahiran mati.

Merokok meningkatkan kemungkinan terjadi keguguran dan kelahiran mati dini. Bahan kimia berbahaya di rokok yang menjadi alasan berbahaya ini. Komplikasi lain dari merokok dapat menyebabkan masalah pada plasenta atau memperlambat perkembangan janin. Masalah ini juga bisa menyebabkan keguguran atau lahir mati.
 

1. Keguguran dan Lahir Mati
source: https://hellosehat.com



 

baca juga

2. Kehamilan Ektopik

Nikotin dapat menyebabkan kontraksi pada saluran tuba lho Moms. Kontraksi ini bisa mencegah embrio tidak lewat. Salah satu hasil yang mungkin terjadi adalah kehamilan ektopik.

Hal ini terjadi ketika sel telur membuahi di luar rahim, baik di tuba falopi, atau di perut. Dalam situasi ini, embrio harus dikeluarkan untuk menghindari komplikasi yang mengancam jiwa ibu.
 

2. Kehamilan Ektopik
source: https://www.thinglink.com



 

3. Abrupsi Plasenta

Plasenta adalah struktur "garis hidup" yang terbentuk selama kehamilan untuk memberi nutrisi dan oksigen pada janin. Merokok merupakan faktor risiko utama untuk beberapa komplikasi yang terkait dengan plasenta. Salah satu masalah tersebut adalah abrupsi plasenta. Ini adalah kondisi di mana plasenta memisahkan dari rahim sebelum melahirkan.

Pelepasan plasenta dapat menyebabkan perdarahan hebat dan mengancam kehidupan ibu dan bayi. Perhatian medis segera dapat membantu meningkatkan kemungkinan kelahiran sehat meski terjadi abortus plasenta.
 

3. Abrupsi Plasenta
source: https://www.slideshare.net



 

baca juga

4. Plasenta Previa

Merokok juga merupakan faktor risiko plasenta previa. Selama kehamilan, plasenta biasanya tumbuh di rahim menuju bagian atas rahim. Ini meninggalkan serviks terbuka untuk persalinan. Plasenta previa adalah ketika plasenta tetap berada di bagian bawah rahim, sebagian atau seluruhnya menutupi serviks.
 

4. Plasenta Previa
source: https://hellosehat.com/



 

5. Kelahiran Prematur

Merokok selama kehamilan bisa menyebabkan kelahiran prematur. Saat itulah bayi lahir terlalu dini. Ada banyak risiko kesehatan yang terkait dengan kelahiran prematur. Ini bisa meliputi: gangguan pendengaran dan visual, cacat mental, belajar dan masalah perilaku dan komplikasi yang bisa mengakibatkan kematian.
 

5. Kelahiran Prematur
source: http://health.liputan6.com