Memilih Tempat Untuk Menyelamatkan Diri

Saat gempa bumi terjadi, anak-anak harus tahu bagaimana cara untuk menyelamatkan diri dari risiko tertimpa reruntuhan. Ajarkan anak untuk segera menuju ke area yang aman, keras, dan kuat. Biasanya tempat yang direkomendasikan adalah bawah meja. Namun, anjurkan anak untuk mencari tempat yang tidak ada risiko barang jatuh. Ingatkan juga si kecil untuk selalu melindungi kepala mereka.

Siaga Gempa Bumi, Ajarkan Anak 4 Tips Ini Agar Tetap Tenang dan Aman
source: https://www.abc.net.au/


Tentukan Titik Temu

Saat gempa terjadi, semua anggota keluarga pasti akan merasa panik sehingga kehilangan waktu untuk berkoordinasi dalam menyelamatkan diri. Jadi, pastikan untuk memilih satu tempat pertemuan untuk seluruh keluarga setelah gempa bumi. Anak-anak harus pergi di sana setelah gempa selesai. Ini juga bisa menjadi pilihan saat bencana lain, seperti tsunami atau kebakaran terjadi.

Siaga Gempa Bumi, Ajarkan Anak 4 Tips Ini Agar Tetap Tenang dan Aman
source: http://readysouthflorida.org/
baca juga


Persiapkan Kit Bencana Alam

Persiapkan juga kit bencana alam yang harus diselamatkan saat bencana alam terjadi. Pastikan seluruh anggota keluarga tahu di mana perlengkapan ini berada sehingga segala keperluan mendasar saat bencana terjadi sudah siap. Isi dari kit bencana alam yang harus dipersiapkan antara lain adalah: 

  • Dokumen identifikasi pribadi (dapat berupa kopian)
  • Perlengkapan medis, resep obat pribadi anggota keluarga, daftar dokter dan informasi kontak mereka, kartu asuransi.
  • Dokumen penting lainnya, seperti polis asuransi rumah
  • Peta kertas, untuk navigasi tanpa GPS elektronik
  • Daftar nomor kontak darurat
Siaga Gempa Bumi, Ajarkan Anak 4 Tips Ini Agar Tetap Tenang dan Aman
source: https://disastersupplycenter.com/


Lakukan Latihan

Hal-hal di atas sangat mudah dilupakan jika hanya dipraktikkan satu kali. Pastikan Mommy selalu melakukan latihan gempa beberapa kali setahun jika daerahmu sangat rentan terhadap gempa. Berlatih melewati bencana alam akan mempersiapkan seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak, saat bencana alam terjadi. 

Siaga Gempa Bumi, Ajarkan Anak 4 Tips Ini Agar Tetap Tenang dan Aman
source: https://www.sgvtribune.com/

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy lakukan untuk mempersiapkan anak agar sigap dalam menghadapi bencana alam, seperti gempa bumi.