1. Lefse

1. Lefse

Sekilas seperti tortila ya, Moms? Meskipun memiliki tampilan yang sama, ternyata roti ini dinamakan lefse. Lefse adalah roti tradisional Norwegia yang terbuat dari kentang, terigu, butter dan susu. Cara pembuatannya dipanggang di atas wajan tanpa menambahkan minyak sedikitpun. Roti ini selalu jadi menu sarapan andalan warga Norwegia. Biasanya lefse di olesi selai kacang atau butter yang menjadikannya semakin gurih. Tak hanya itu, lefse juga bisa disajikan dengan isian daging cincang yang lezat.

2. Keju

2. Keju

Selain dinobatkan sebagai negara tersehat di Dunia, Norwegia juga dikenal sebagai negara penghasil keju terenak di Dunia. Keju tersebut diberin nama kraftkar dan sangat terkenal dikalangan orang Eropa. Dan kraftkar ini selalu ada di menu sarapan orang Norwegia karena kelezatannya.

Kraftkar atau dikenal juga sebagai blue cheese adalah jenis keju yang sangat populer dari Norwegia. Keistimewaan kraftkar berasal dari jamur yang memfermentasi susu menyebar secara sempurna sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat. Tekstur dari kraftkar juga sangat lembut. Bagi yang tidak terbiasa, keju ini menghasilkan bau yang kurang sedap. Karena keistimewaannya itu, kraftkar termasuk juga ke dalam kategori keju mahal. 

baca juga

3. Potongan Ikan Laut

3. Potongan Ikan Laut

Setelah karbohidrat dan lemak dari lefse dan keju, menu sarapan lainnya yang selalu ada yaitu ikan laut. Masyarakat Norwegia sangat terbiasa mengkonsumsi ikan laut segar saat sarapan sebagai sumber protein dan vitamin yang sehat. Ikan yang paling banyak dikonsumsi adalah ikan salmon dimana Norwegia juga terkenal dengan budidaya ikan salmon dan menjadi sumber penghasilan negara. Ikan salmon juga rendah kalori sehingga sangat baik untuk program diet.

4. Kopi

4. Kopi

Tak lengkap rasanya sarapan tanpa minuman yang membangkitkan energi seketika. Ya, kopi. Untuk memulai hari yang cerah, biasanya masyarakat Norwegia meneguk secangkir kopi hitam hangat. Kopi ini sangat wajib dikonsumsi saat sarapan bagi orang dewasa di sana. Badan menjadi bersemangat dan siap menghadapi hari yang cerah.

Nah itulah menu sarapan ala Norwegia, sehat dan lezat ya, Moms.