1. Pengetahuan Fisika dan Matematika

Fakta menarik pertama yang harus kamu tahu bahwa bayi yang baru lahir bisa memiliki pengetahuan fisika dan matematika yang sangat mendasar. Seorang bayi mampu membedakan antara satu, dua, dan tiga benda.
 

1. Pengetahuan Fisika dan Matematika
source: https://www.fotolia.com



 

baca juga

2. Bayi Selalu Mendengarkan

Fakta selanjutnya tentang bayi baru lahir adalah selalu mendengarkan, bahkan sebelum mereka lahir. Bahkan saat bayi berumur dua hari akan mengenali suara ibunya. Suara ibu mampu menenangkan bayinya yang rewel.
 

2. Bayi Selalu Mendengarkan
source: http://www.bukutahu.com



 

3. Menangis Tanpa Air Mata

Meskipun bayi kamu bisa menangis saat lahir, kamu biasanya tidak akan melihat air mata selama beberapa minggu atau bulan. Air mata bisa muncul pada tiga minggu, tapi beberapa bayi tidak akan menangis sampai mereka berumur empat atau lima bulan. Hormon stres ditemukan dalam air mata dan melepaskan hormon ini adalah cara untuk menenangkan bayi.
 

3. Menangis Tanpa Air Mata
source: http://kdkz18.com



 

baca juga

4. Tangisan Bayi

Bayi memiliki tangisan tertentu yang bisa kamu kenali hanya tiga hari setelah kelahiran. Periset telah menemukan bahwa seorang ibu baru dapat mengenal tangisan bayinya bahkan jika ada bayi menangis lainnya di ruangan itu.
 

4. Tangisan Bayi
source: http://www.tribunnews.com



 

5. Mencari Susu Ibu

Para ilmuwan di Norwegia menemukan bahwa jika bayi yang baru lahir ditempatkan langsung ke perut ibunya tepat setelah lahir, bayi akan mulai menggunakan tangan dan kakinya untuk merangkak perlahan ke payudara ibunya hingga menyusui. Bayi yang baru lahir kemudian menempel dan mulai menyusui tanpa bantuan.
 

5. Mencari Susu Ibu
source: https://bidanku.com



 

6. Penglihatan

Dalam tiga bulan pertama kehidupan bayi kamu , dia hanya bisa melihat benda-benda yang berjarak delapan atau sembilan inci jauhnya. Ini adalah jarak yang sempurna untuk melihat wajah Moms saat kamu memegang dan memberi makan bayi, tapi juga memungkinkan dia memusatkan perhatian pada tangannya dan seluruh tubuhnya sendiri.
 

6. Penglihatan
source: http://www.toothsie.com



 

7. Merespon Suara

Seorang bayi bisa membaca nada dan meresponsnya dengan tepat. Jika kamu berbicara dengan bayi kamu dengan suara gembira, dengan nada menakutkan, atau dengan suara nyaring sambil tersenyum, bayi kamu kemungkinan akan menunjukkan tanda-tanda kegelisahan. Dalam 10 menit setelah kelahiran, indra pendengaran bayi kamu cukup canggih sehingga dia bisa menentukan dari mana suara berasal.
 

7. Merespon Suara
source: https://medicalxpress.com



 

8. Otak Bayi Berkembang

Otak bayi kamu akan berlipat ganda di tahun pertama kehidupannya. Otak yang berusia satu tahun, setengah ukuran otak orang dewasa. Otak anak akan terbentuk sampai 80 persen pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
 

8. Otak Bayi Berkembang
source: http://123tahun.com



 

9. Responsif Terhadap Cuaca

Seorang bayi baru lahir mempunyai kepekaan terhadap cuaca disekelilingnya. Jika bayi dingin, dia akan bergerak lebih banyak untuk menghangatkan tubuhnya. Jika dia panas, dia akan melepaskan lengan dan kakinya dari samping, seolah sedang berjemur. Jika kamu melihat bayi kamu menunjukkan perilaku ini, periksa suhunya.
 

9. Responsif Terhadap Cuaca
source: https://meetdoctor.com/