Rambut yang sehat dan indah adalah rambut yang bebas dari bercabang. Banyak faktor yang bisa menyebabkan rambut bercabang selain karena polusi dan cuaca yang panas. Jika rambut moms mulai bercabang, tandanya rambut mulai tidak sehat. Maka dari itu moms perlu mengetahui penyebab rambut bercabang dan cara mengatasinya.

Mencatok dan Menggunakan Pengering Rambut

Mengeringkan atau mencatok rambut sering dilakukan sebagai bagian dari penataan rambut. Namun, aktivitas ini bisa menjadi penyebab rambut bercabang karena rambut akan mudah kering. Alat pengering rambut atau hair dryer dan alat catok rambut memiliki suhu panas ekstrem yang berbahaya untuk kesehatan rambut, seperti nutrisi pada rambut yang perlahan menghilang. Sebaiknya kurangi penggunaan alat catok dan hair dryer, karena tidak hanya bisa membuat rambut bercabang tetapi juga bisa membuat rambut moms patah.

Mencatok dan Menggunakan Pengering Rambut
baca juga

Mewarnai Rambut

Mengganti warna rambut memang telah menjadi hobi ya moms, karena bisa membuat tampilan wajah makin berbeda dan keren dari sebelumnya. Namun, sering mewarnai rambut juga bisa menyebabkan rambut bercabang. Hal tersebut dikarenakan pewarna rambut memiliki bahan kimia yang jika dipakai terlalu sering bisa berdampak pada rambut serta kulit kepala, lho.

Mewarnai Rambut

Mengikat Rambut Di Tempat yang Sama

Jangan mengikat rambut di tempat yang sama ya, moms, karena bisa membuat rambut bercabang. Hal tersebut dikarenakan tekanan kuat pada rambut yang diikat secara terus menerus sehingga rambut sulit bernapas dan memicu rambut cepat rusak. Terlebih jika mengikat rambut dalam kondisi sehabis keramas atau basah, bisa menimbulkan rambut bercabang.  

Mengikat Rambut Di Tempat yang Sama
baca juga

Jarang Menggunting Ujung Rambut

Dibandingkan dengan bagian rambut lainnya, ujung rambut rentan mengalami kekeringan hingga menyebabkan bercabang. Jika ujung rambut jarang digunting, bisa menyebabkan rambut bercabang terus menerus. Sama halnya dengan mengangkat sel kulit mati pada wajah dengan cara scrubbing, menggunting ujung rambut secara teratur juga bisa menghentikan pertumbuhan rambut bercabang. Lakukanlah menggunting ujung rambut atau trimming sekali dalam 1-2 bulan.

Jarang Menggunting Ujung Rambut

Tidak Cocok dengan Produk Perawatan Rambut

Saat ini banyak produk perawatan rambut yang tidak hanya berupa shampoo, lho. Moms mungkin tergiur dengan banyaknya produk perawatan rambut yang menjanjikan rambut hitam berkilau, lebat, dan lain-lain. Tapi terlalu banyak menggunakan berbagai jenis produk perawatan rambut bisa jadi penyebab rambut bercabang. Hal tersebut dikarenakan bahan yang terkandung pada produk perawatan tidak cocok dengan rambut moms. Jika sudah mengalami ketidakcocokkan pada produk perawatan rambut, nutrisi alami pada rambut bisa hilang sehingga rambut bisa mudah bercabang dan rapuh.  

Tidak Cocok dengan Produk Perawatan Rambut

Sering Berada di Ruangan Ber-AC

Meski berada di ruangan ber-AC terasa nyaman, hal tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan rambut moms salah satunya membuat rambut bercabang. AC memiliki pengaruh yang dapat menyerap kelembapan alami kulit, tidak hanya kulit wajah maupun kulit kepala. Sehingga kulit kepala dan batang rambut akan mengalami dehidrasi atau kekeringan.

Sering Berada di Ruangan Ber-AC

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

  1. Saat mencatok atau mengeringkan rambut dengan hair dryer, oleskan rambut dengan lotion atau serum agar menjaga kelembapan dan nutrisi pada rambut.
  2. Kurangi suhu catokan dan hair dryer agar tidak terlalu panas, dan batasi seringnya menggunakan catokan dan pengering rambut.
  3. Pakai conditioner sehabis keramas.
  4. Hindari produk berbahan kimia, dan gunakan perawatan rambut dari bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, madu, dan masih banyak lagi.
Cara Mengatasi Rambut Bercabang