Bahan-bahan:
  • 12 sdm Tepung Tapioka/ Tepung Aci
  • 1 sdm Tepung Terigu
  • 2 siung Bawang Putih, haluskan
  • 1/2 sdt Lada Bubuk, jika suka pedas
  • 1/2 sdt Garan
  • Penyedap rasa, secukupnya
  • Air
  • Minyak, secukupnya untuk menggoreng
Resep Cimol Rumahan Ala Pedagang Kaki Lima, Anti Meledak Saat Digoreng Kok!

Bumbu cimol:

Untuk bumbu cimol, Mommy dapat membeli bubuk jagung bakar, keju, balado, dan lain sebagainya sesuai dengan selera. Jika ingin lebih sehat, cobalah untuk menyajikannya dengan bumbu kacang buatan rumah.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan tepung tapioka atau tepung aci, tepung terigu, bawang putih bubuk/ bawang putih yang sudah dihaluskan, lada bubuk dan garam sehingga semua tercampur rata. Setelah semua tercampur, sisihkan.
  2. Setelah itu, siapkan panci dan masak air hingga mendidih. Pastikan air benar-benar mendidih. Setelah air mendidih ya, campurkan air yang sudah mendidih tersebut sedikit demi sedikit pada adonan aci yang sudah tercampur rata. Kemudian, aduk kembali adonan.
  3. Lalu, uleni adonan secara perlahan hingga adonan cilok udah benar-benar bisa dibentuk-bentuk. Jangan lupa untuk menaburi tangan dengan tepung aci agar adonan tidak lengket.
  4. Selanjutnya, setelah adonan siap, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil sebesar kelereng.
  5. Setelah semua adonan dibentuk, siapkan wajan dengan minyak dingin. Masukkan semua cimol ke dalam minyak dingin, lalu goreng semuanya dengan menggunakan api sedang yang cenderung kecil.
  6. Terus aduk adonan cimol dengan api yang stabil hingga cimol mulai mengembang dan bagian kulitnya mengeras. Setelah itu, angkat cimol dan tiriskan. 
  7. Tiriskan minyak yang ada pada cimol. Ini penting untuk membuatnya tetap mengembang sempurna. Setelah suhu cimol turun, berikan taburan bumbu sesuai selera. 
Resep Cimol Rumahan Ala Pedagang Kaki Lima, Anti Meledak Saat Digoreng Kok!
source: https://masazat.com


Nah, itulah resep cimol rumahan yang mudah dan praktis. Mommy bisa mencoba membuatnya di rumah dengan si kecil untuk membuatnya berhenti jajan sembarangan di luar. Selamat mencoba!