Memiliki anak merupakan impian setiap wanita di belahan dunia manapun. Namun, seringkali ibu-ibu hamil mendapatkan sejumlah masalah selama masa kehamilan, muali dari perubahan hormon yang tidak teratur, morning sickness yang kerap merepotkan, hingga munculnya stretch marks yang cukup mengganggu keindahan dan kenyamanan kulit.

Stretch marks merupakan guratan-guratan yang kerap muncul pada bagian kulit dimana lemak terkonsentrasi, seperti di perut dan paha. Guratan ini awalnya berwana merah atau unggu, dan akan berubah menjadi warna putih atau abu-abu. Biasanya, perempuan yang memiliki berat badan diatas rata-rata atau pernah mengalami penurunan bobot tubuh yang cukup signifikan memiliki kondisi kulit seperti ini.

Namun, pada ibu hamil, stretch marks akan sangat sulit dihindari seiring dengan membesarnya beberapa bagian tubuh mulai dari perut, paha, lengan, hingga payudara yang menyebabkan menurunnya tingkat elastisitas kulit. Namun tak perlu khawatir lagi, karena artikel ini akan membahas tips menghilangkan stretch mark untuk ibu hamil yang bisa membantu kamu! Yuk, simak!


 

Selalu Menjaga Kelembapan Kulit

Salah satu kunci menjaga elastisitas tubuh ialah selalu menjaga kelembapan kulitmu. Dengan kulit yang elastis, kamu dapat mengurangi munculnya stretch marks bahkan mungkin mencegah munculnya stretch marks lho! Untuk menjaga kelembapan kulitmu, kamu bisa memijat bagian-bagian tubuh dimana stretch marks muncul atau bertendensi untuk muncul, terutama area perut, dimulai sejak masa awal kehamilan atau trimester pertama. Ada baiknya untuk berinvestasi pada krim stretch mark yang bagus untuk ibu hamil, lotion, butter, maupun minyak, seperti Bio Oil dan Mustela Stretch Marks Prevention Cream.

source: http://gestationaldiabetics.com/how-to-prevent-stretch-marks-during-pregnancy/
baca juga



 

Konsumsi Air yang Cukup

Air yang kamu minum akan membantu proses detoksifikasi tubuh dan menjaga kekenyalan kulitmu, sehingga mampu mencegah munculnya stretch marks yang berlebihan. Cukupilah konsumsi air dengan meminum setidaknya 8 gelas air setiap harinya atau teh herbal yang tidak mengandung kafein, serta mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti timun, jeruk, dan semangka.
source: https://www.todaysparent.com/pregnancy/being-pregnant/how-much-water/



Konsumsi Makanan yang Menutrisi Kulit

Meskipun kamu telah mengonsumsi sejumlah makanan yang bergizi selama kehamilan, kmu juga perlu mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan elastisitas kulitmu dalam rangka mencegah timbulnya stretch marks yang semakin parah. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung: (1) vitamin A karena mampu membantu perbaikan jaringan kulitmu, seperti manga, ubi, dan wortel; (2) antioksidan karena dapat menutrisi dan menjaga kulitmu seperti bayam dan strawberry; (3) serta vitamin E karena dapat melindungi membran sel kulitmu, seperti kacang-kacangan dan alpukat
 
source: http://www.embarazoactivo.com/arg/servicios-complementarios/nutricion/
baca juga



 

Olahraga Rutin

Olaharaga yang rutin akan membantumenjaga elastisitas kulit dengan meningkatkan sirlkulasi tubuhmu. Selain itu, olahraga akan mencegah peningkatan berat badan yang ekstrim, yang tentunya akan berpengaruh pada elastisitas tubuhmu. Tentunya, sebaiknya kamu melakukan olahraga yang cukup ringan seperti gerakan sederhana dan yoga khusus ibu hamil yang dapat meningkatkan kenyaman selama masa kehamilan.

source: http://www.zonabugar.com/meningkatkan-kecerdasan-anak-sejak-kandungan/


Good luck and happy trying, Beautynesian! Hope these 4 tips will help you treat your stretch marks!