Menyusui mengambil banyak energi dan nutrisi yang harus diperoleh kembali demi menjaga kesehatan moms dan pertumbuhan si kecil. Kebutuhan yang lebih besar dari biasanya, membuat beberapa ibu menyusui memilih suplemen tambahan sebagai kunci. Tidak sedikit praktisi medis mengungkapkan jika multivitamin pun bagus bagi moms yang ingin diet pasca melahirkan.

Jenis vitamin dan dosisnya yang beragam membuat moms harus berhati-hati. Periksalah label atau cari tahu kandungan yang tepat bagi kebutuhan moms dan si kecil. So, ini vitamin yang baik dikonsumsi untuk ibu menyusui!

Daftar Vitamin yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui, Apa Saja?

1. Vitamin D

Di antara daftar vitamin untuk wanita selama menyusui, Vitamin D memiliki peran besar. Diajurkan agar mengonsumsi suplemen vitamin D yang mengandung 10 mikrogram (mcg) setiap hari. Atau moms juga bisa menggantikannya dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

baca juga

2. Vitamin C

Vitamin C pun masuk dalam daftar vitamin penting bagi moms yang tengah menyusui. Moms bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi jeruk, berry, tomat, kentang, dan lainnya. Atau jika ingin praktis bisa juga mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin ini.

3. Asam Folat

Asam Folat sangat penting selama kehamilan maupun menyusui. Terkadang ini sering moms lewatkan. Moms bisa mendapatkannya dalam berbagai sayuran hijau seperti brokoli, kol, kubis, bayam dan lainnya. Pada saat yang sama, dianjurkan juga mengkonsumsi suplemen tambahan.

3. Asam Folat
baca juga

4. Vitamin E

Saat moms menyusui, vitamin E pun membantu perkembangan dan kesehatan bayi loh. Zat ini bisa moms dapatkan dimana saja sebagai salah satu kandungan ASI. Contohnya saja, alpukat, kacang hazelnut, bayam, lobak hijau dan lainnya.

5. Vitamin A

Suplemen vitamin A penting untuk ibu menyusui karena kebutuhan vitamin yang meningkat selama produksi ASI. Moms bisa memakan berbagai sumber makanan, termasuk sayuran hijau gelap dan kuning seperti brokoli, wortel, labu, ataupun suplemen.

5. Vitamin A

6. Vitamin B1, B2, B6 dan B12

Keempat vitamin ini dianjurkan pula dikonsumsi oleh ibu hamil. Moms bisa mendapatkannya di kacang-kacangan, sayuran, susu, telur, daging dan lainnya.

Jadi, jaga asupan vitamin ya moms!