1. Penyebab ASI Tidak Keluar

  • Ibu Kelelahan
Penyebab asi tidak keluar setelah melahirkan yakni jika seorang ibu mengalami proses melahirkan yang cukup panjang dan mengakibatkan sang ibu kelelahan. Hal tersebut dapat mempengaruhi produksi asi pertama kali setelah melahirkan. Air susu yang seharusnya keluar setelah melahirkan walaupun sedikit, maka akan terhambat akibat kondisi fisik si ibu. 

 
  • Ibu Kekurangan Darah
Jika terjadi pendarahan ketika melahirkan dan si ibu banyak mengeluarkan darah maka hal itu dapat membuat ASI sulit keluar.  Hal ini bisa menghambat kerja kelenjar hipofisis di otak yang mengontrol hormon laktasi (pengeluaran ASI).

 
  • Ibu Stres
Rasa stres dan khawatir menjelang melahirkan pasti dialami semua wanita sehingga mempengaruhi hormon dalam tubuh. Ibu hamil yang mengalami stress atau kelelahan setelah melahirkan akan berpengaruh terhadap produksi ASI. Hal ini sangat sering terjadi pada proses melahirkan yang lama dan melalui operasi caesar yang mempengaruhi hormon stres.
 
  • Pengaruh Obat-obatan
Mengonsumsi obat-obatan tertentu saat hamil dapat mempengaruhi hormon sehingga membuat produksi asi tertunda.
 
source: http://familyllb.com



 

2. Cara Mengatasinya

  • Inisiasi menyusu dini
Salah satu penyebab asi tidak keluar setelah melahirkan adalah karena ibu tak langsung memberikan asi pada si kecil. Sebaiknya moms bisa menggunakan cara inisiasi menyusui dini agar produksi dan kelenjar asi semakin lancar dan banyak. 

 
  • Jangan Stres
Bagaimanapun kelancaran air susu sangat berpengaruh dengan hormon di dalam tubuh moms. Meski asi belum keluar setelah melahirkan, usahakan jangan panik dan tetap tenang. 

 
  • Minum Air Hangat
Hormon yang sangat berpengaruh dalam proses produksi ASI adalah oksitosin dan prolaktin. Kedua hormon tersebut bertugas untuk memperlancar produksi dan proses keluarnya ASI. Oleh sebab itu perbanyak mengonsumsi air hangat setelah makan atau saat ingin menyusui si kecil. 

 
  • Konsumi Daun Katuk
Sudah sejak lama daun katuk dipercaya berkhasiat untuk melancarkan dan memperbanyak produks ASI. Hal itu dikarenakan daun katuk mengandung laktagagum, polifenol dan steroid yang bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin (hormon yang dapat menstimulus ASI). 

 
  • Pijat Lembut Payudara
Melakukan pijatan lembut pada payudara moms dapat merangsang kelenjar yang memproduksi air susu menjadi lancar. Lakukan pijatan memutar ke arah kanan dan kiri selama kurang lebih 10 menit. 
 
source: http://SheKnows.com