Tentukan Aturan yang Jelas

Tegas Tanpa Membentak, Ini 5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin
source: http://www.kiddocare.my/

Sebagian orangtua akan membentak dan mengeluarkan kata-kata dengan nada tinggi saat anaknya melakukan kesalahan. Namun, ini dapat dihindari jika Mommy membuat aturan yang jelas untuk anak. Mommy dapat membuat aturan-aturan dasar dengan segala konsekuensi yang harus disepakati anak sehingga saat ia melakukan kesalahan Mommy tidak lagi perlu meninggikan suara atau berteriak. Cukup dengan menjalani aturan dan konsekuensi yang akan diterima anak, itu semua dapat mendisiplinkannya menjadi lebih baik.


Berikan Penguatan Positif

Tegas Tanpa Membentak, Ini 5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin
source: http://mommysdelight2blog.blogspot.com/

Motivasilah anak agar mampu mengikuti aturan dengan menggunakan dorongan yang positif. Jika ada konsekuensi negatif dari akibat melanggar aturan, harus ada konsekuensi positif saat mereka mengikuti aturan. Mommy dapat memberikan apresiasi dengan memuji anak karena mengikuti aturan. Katakan ujaran seperti, "Terima kasih telah melakukan segala tugasmu dengan tepat. Kamu benar-benar anak yang baik." Memberikan anak banyak perhatian positif dapat mengurangi perilaku mencari perhatian. 

baca juga


Evaluasi Penyebab Keinginan Membentak

Tegas Tanpa Membentak, Ini 5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin
source: https://www.kevinmd.com/

Jika Mommy terlanjur membentak si kecil, evaluasi apa penyebab atau alasan yang memicunya. Apabila Mommy berteriak karena marah, pelajari strategi untuk menenangkan diri sehingga Mommy dapat menjadi panutan dalam menerapkan strategi manajemen kemarahan yang baik dan sehat. Lakukan self-timeout atau kendalikan pikiran yang menjengkelkan. Pastikan Mommy benar-benar dalam kondisi yang tenang saat ingin mendisiplinkan anak.


Berikan Peringatan Saat Dibutuhkan

Tegas Tanpa Membentak, Ini 5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin
source: https://www.coloradoparent.com/

Daripada harus berteriak, berikan anakmu peringatan saat dia tidak mendengarkan. Ingatkan segala hukuman dan konsekuensi yang akan dia dapatkan jika tidak mematuhi aturan yang telah disepakati. Katakan padanya, "jika kamu tidak merapikan mainanmu sekarang, maka kamu tidak akan bisa bermain dengan balokmu setelah makan malam."

baca juga


Tegaskan Konsekuensi dan Hukuman

Tegas Tanpa Membentak, Ini 5 Tips Mendidik Anak Agar Disiplin
source: https://www.verywellfamily.com/

Terakhir, hindari mengomel atau mengulangi peringatan berulang kali. Segera terapkan hukuman atau konsekuensi untuk menunjukkan bahwa Mommy bersungguh-sungguh dengan apa yang Mommy katakan. Disiplin yang konsisten adalah kunci untuk membuat anak mengubah perilakunya dan menjadi lebih patuh.