Periksakan Diri ke Dokter Kandungan

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil
source: https://www.hopkinsmedicine.org/

Salah satu langkah pertama yang harus Mommy ambil adalah menjadwalkan waktu kunjungan dengan dokter kandungan. Tentu, tes kehamilan di rumah masa kini semakin akurat dengan hasil yang cukup valid. Namun, Mommy tetap perlu mengonfirmasi kehamilanmu. Pada dokter kandungan, Mommy akan dapat melakukan tes yang lebih sensitif. 


Bersabarlah Sebelum Mengumumkan

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil
source: https://www.europeanceo.com/

Setelah dipastikan positif hamil, Mommy mungkin sangat tidak sabar untuk mengumumkan kabar bahagia ini ke semua orang. Tetapi biasanya Mommy akan disarankan untuk menunggu sampai trimester kedua untuk membuat pengumuman dan membagian kebahagiaan ini pada teman dan kerabat. Pasalnya, sebagian besar kehamilan akan lebih aman saat memasuki trimester kedua. Pertimbangkan juga risiko keguguran yang paling sering terjadi pada trimester pertama kehamilan. 

baca juga


Mulailah Mengonsumsi Vitamin Kehamilan

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil
source: https://www.healthline.com

Sekarang saatnya untuk mulai meminum vitamin kehamilan harian. Mommy dapat meminta rekomendasi produk vitamin ibu hamil yang bagus dan sesuai dengan kebutuhanmu. Suplemen vitamin ini cukup penting untuk dikonsumsi karena mengandung beragam vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Selain itu, para ibu hamil juga cenderung membutuhkan lebih banyak asam folat, kalsium, dan zat besi untuk mengoptimalkan perkembangan bayi dan kesejahteraan ibu secara keseluruhan. 


Berhenti Gunakan Produk Skincare Berisiko, Merokok dan Minum Alkohol

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil
source: https://mom.com/

Perhatikan juga produk-produk yang biasa Mommy konsumsi atau gunakan. Beberapa produk yang dikonsumsi dan digunakan dapat berisiko pada tumbuh kembang dan keselamatan janin dalam kandungan. Pastikan Mommy hanya menggunakan produk skincare yang memang aman untuk digunakan selama masa kehamilan. Selain itu, asupan pola hidup tidak sehat seperti pokok dan alkohol juga harus segera dihentikan karena dapat menyebabkan komplikasi serius pada kehamilan.

baca juga


Olahraga

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil
source: https://www.theconversation.com/

Meskipun Mommy tidak boleh melakukan aktivitas berat selama periode trimester pertama kehamilan, pastikan Mommy masih tetap aktif bergerak dengan melakukan olahraga ringan setiap harinya. Tetap aktif saat/hamil dapat memberikan berbagai manfaat seperti tidur yang lebih nyenyak serta mengurangi rasa sakit dan nyeri.


Makan Sehat dan Tetap Terhidrasi

6 Hal yang Harus Dilakukan Saat Test Pask Tunjukkan Positif Hamil

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan makanan yang sehat, bergizi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin. Biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, dan daging tanpa lemak adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Pastikan untuk menghindari makanan yang bisa berbahaya selama kehamilan seperti sayuran mentah atau daging yang kurang matang. Anda juga harus menghindari ikan tertentu yang mengandung merkuri, seperti ikan tuna. Tidak lupa pula untuk jangan lupa untuk menambah asupan air agar tubuh tetap terhidrasi.