Mati lampu total beberapa hari lalu membuat heboh masyarakat, khususnya para ibu yang memiliki anak balita. Mereka mengeluhkan anak yang rewel karena merasa panas tanpa adanya AC. Ini membuktikan bagaimana anak-anak masa kini sangat ketergantungan dengan keberadaan AC. Padahal, fakta menunjukkan bahwa AC memiliki dampak serius bagi kesehatan bayi.

Waspada Ketergantungan AC Pada Bayi, Ini Bahaya yang Harus Diketahui
source: https://www.babycenter.com/


Bahaya Penggunaan AC Berlebihan Pada Bayi

Waspada Ketergantungan AC Pada Bayi, Ini Bahaya yang Harus Diketahui
source: https://www.parentune.com/

Jika Mommy berpikir bahwa pendingin udara adalah pilihan yang baik untuk bayi, ada baiknya Mommy evaluasi lagi seperti apa penggunaan pendingin udara tersebut. Pasalnya, hampir semua anak di era kini ketergantungan dengan keberadaan AC. Mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak jika tidak berada dalam ruangan ber-AC. 

Bahayanya, memaparkan bayi pada suhu yang lebih dingin dapat membuatnya berisiko memiliki suhu tubuh yang lebih rendah, yang dapat membahayakan bayi Anda. Suhu tubuh yang rendah ini akan berdampak pada munculnya beberapa gejala, seperti:

  • Tubuh yang lesu
  • Nafsu makan yang buruk
  • Kulit pucat
  • Sesak nafas
baca juga


Aturan Penggunaan AC Untuk Bayi

Waspada Ketergantungan AC Pada Bayi, Ini Bahaya yang Harus Diketahui
source: https://youaremom.com/

Meskipun begitu, penggunaan AC sendiri sebenarnya bukanlah hal yang masalah untuk bayi. Namun, pastikan bahwa pengaturan suhu yang dipilih tepat dan tidak terlalu dingin. Selain itu, pastikan juga si kecil tidak tidur dan bermain dengan posisi langsung di bawah ventilasi udara dari AC. Jangan lupa pula untuk memakaikan si kecil selimut yang cukup tebal untuk menghangatkannya saat tidur di malam hari dengan AC. 


Metode Alternatif untuk Menjaga Bayi Tetap Sejuk

Jika si kecil benar-benar tidak bisa lepas dari AC, pastikan Mommy selalu memantau pengaturan AC berada dalam kondisi yang tepat. Selain itu, lakukan juga trik lain untuk mencegah penggunaan AC berlebih. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari dampak buruk dari AC:

  1. Gunakan humidifiers untuk melembapkan ruangan.
  2. Matikan AC di jam-jam tertentu dan biarkan anak dapat beradaptasi dengan suhu ruangan biasa.
  3. Kenakan anak dengan pakaian yang sejuk dan menyerap keringat. Bahan katun sangat dianjurkan untuk mencegah bayi merasa gerah. 
  4. Jangan selalu menggantungkan diri dengan AC. 
Waspada Ketergantungan AC Pada Bayi, Ini Bahaya yang Harus Diketahui
source: https://dayconkieunhat.vn/

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan seputar penggunaan AC pada bayi dan anak-anak. Penggunaan AC yang terlalu berlebihan juga berdampak buruk pada lingkungan. Tanpa disadari, perilaku inilah yang sebenarnya menjadi penyebab semakin panasnya udara di lingkungan kita. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai mendidik anak agar lebih bijak dalam menggunakan energi sekaligus menjaga kesehatan dan melestarikan lingkungan.