1. Maaf

Magic World yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Dini
source: https://www.simplemost.com/

Maaf merupakan salah satu kata ajaib yang harus diperkenalkan sejak kecil. Tidak bisa dipungkiri, belakangan ini semakin sulit untuk menjumpai seseorang yang bisa dengan mudah mengakui kesalahan dan meminta maaf. Jika tidak dibiasakan sejak dini, akan cenderung mustahil seorang anak tumbuh menjadi seseorang yang bisa berbesar hati mengucapkan kata "maaf" saat melakukan kesalahan. Cara ini juga bisa membantu anak-anak mengenali kesalahan mereka dan berusaha untuk memperbaiki tindakan mereka.


2. Terima Kasih

Magic World yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Dini
source: https://livingmontessorinow.com/

Selanjutnya, kata ajaib yang juga harus diajarkan pada anak sejak kecil adalah "terima kasih." Kata-kata ini menunjukkan rasa syukur atas kebaikan dan kedermawanan. Selain itu, kata terima kasih juga akan mengajarkan mereka untuk bersyukur dan menghargai setiap jasa dan bantuan dari orang lain yang diberikan padanya. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih mudah bersyukur dan cenderung menghargai orang lain.

baca juga


3. Tolong

Magic World yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Dini
source: https://www.kinsights.com/

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, manusia sebagai makhluk sosial tentu membutuhkan bantuan dari orang lain. Dengan kata lain, mereka harus tahu bagaimana cara untuk berinteraksi saat meminta bantuan atau pertolongan dari orang lain tanpa memandang posisi atau status. Itu sebabnya kata “tolong” menjadi salah satu magic words yang harus ditanamkan pada anak-anak sejak dini. Dengan membiasakan anak mengucapkan kata “tolong”, Mommy sudah mengajarkannya untuk bisa menghargai dan menghormati orang lain.


4. Permisi

Magic World yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Dini
source: http://singaporeschild.com.sg/

Terakhir, Mommy pasti paham bagaimana orang Indonesia sangat menjunjung tinggi sopan santun dan etika dengan adat ketimurannya. Itulah sebabnya ujaran-ujaran permohonan izin atau permisi harus mulai diajarkan sejak dini. Kata-kata permohonan izin ini sangat penting untuk dipraktikkan saat seseorang ingin keluar atau masuk forum, mengemukakan pendapat, dan lain sebagainya.

Itulah empat kata-kata ajaib yang harus diajarkan orangtua pada anak sejak dini. Secara umum, semua kata-kata itu mengajarkan anak pentingnya etika, sopan santun, dan respect pada orang lain tanpa memandang status dan posisi.