Perawatan wajah seringkali membuat kita bingung. Terlebih bagi moms yang tengah mengandung diharapkan harus berhati-hati dalam menggunakan produk kecantikan, termasuk serum. Pasalnya apapun yang dioleskan ke tubuh ataupun diminum mungkin saja berdampak buruk bagi perkembangan janin di dalam kandungan.

Zat Berbahaya di Serum Bagi Ibu Hamil

Sebelum moms membeli serum idaman, yuk cari tahu dulu kandungan yang biasanya ada dalam produk perawatan kulit namun harus dihindari oleh ibu hamil.

1.Tetrasiklin
Antibiotik yang termasuk golongan tetrasiklin seperti doksisiklin, dan minosiklin ternyata memberikan efek buruk bagi kehamilan. Jika digunakan selama kehamilan akan menghambat produksi jenis protein tertentu dan menganggu produksi enzim yang penting dalam penataan ulang jaringan dan perubahan bentuk endometrium (otot bagian dalam rahim).

2.Hidrokinon
Hidrokinon alias hydroquinone adalah obat yang digunakan untuk menangani hiperpigmentasi (bintik hitam) yang terjadi pada kulit. Biasanya penggelapan kulit dapat terjadi pada ibu hamil karena pengaruh hormon.

Ia bekerja menghambat enzim bernama tyrosinase, atau enzim penghasil pigmen kulit. Meski belum ada studi terkontrol, diharapkan moms konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Zat Berbahaya di Serum Bagi Ibu Hamil

3. Retinoid
Retinoid termasuk tretinoin, adapalene, dan tazarotene. Tingkat penyerapan zat ini ke kulit tergolong rendah. Meski begitu, tetap dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko bayi terlahir cacat.

4. Asam Hidroksi
Moms perlu waspada saat memilih obat jerawat, pasalnya zat ini banyak ditemukan di obat-obat jerawat yang dijual bebas. Sebelum membeli pastikan moms tidak ada kandungan dari golongan lain asam hidroksi seperti asam salisilat, asam glikolat, asam laktat kedelai.

baca juga

Kandungan yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

Setelah mempelajari keempat golongan yang dilarang, kini giliran moms memastikan kandungan apa saja yang sebaiknya ada dalam serum pilihan.

1. Asam hyaluronat (hyaluronic acid) 
Alasan utama dari amannya asam hyaluronat merupakan zat yang sama dengan sodium hyaluronate (zat yag sudah diprduksi tubuh dalam jumlah besar). Saat tubuh memproduksi sodium hyaluronate, ia tidak menyebar ke setiap sel tubuh, justru hanya berdiam di lokasi di mana zat diproduksi. Sifat ini juga berlaku bagi asam hyaluronat, zat tidak akan menyerap ke dalam sel karena kulit kita memiliki membran yang sangat padat dan bercabang untuk memisahkan antara sel dan dasar kulit.

2. Vitamin C
Serum vitamin C dipercaya sangat baik bagi kulit wanita dan aman bagi bumil. Pasalnya vitamin C yang banyak terkandung mampu mencerahkan kulit dan mencegah kerusakan kulit karena sinar UV. Selain itu pori-pori pun mengecil, kulit lebih kencang, dan berperan sebagai antioksidan pencegah radikal bebas.

Kandungan yang Dianjurkan Bagi Ibu Hamil

3. Serum berbahan alami
Perubahan diri menjadi lebih sensitif akan terjadi selama mengandung. Agar tidak membahayakan si kecil, moms bisa manfaatkan serum yang mengandung bahan-bahan alami. Contohnya saja bengkuang, jeruk nipis, telur, alpukat, madu, pepaya, minyak zaitun, dan tomat. Bahan-bahan alami ini akan membantu memberikan perlindungan bagi kulit moms tanpa harus membahayakan janin.

Biasakan agar moms selalu memperhatikan kandungan produk yang akan gunakan selama kehamilan. Bila kandungannya terdiri dari bahan-bahan berbahaya untuk ibu hamil yang disebutkan di atas, sebaiknya moms segera menghindari produk tersebut. Jika Anda masih kurang yakin dengan keamanan sebuah produk, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan Anda ya.