Tubuh rentan terkena berbagai penyakit saat musim kemarau datang. Berbagai penyakit antara lain seperti hipertemia, diare, dehidrasi, hingga keracunan makanan. Maka dari itu, perlu memilih makanan yang banyak mengandung nutrisi yang bagus untuk melindungi tubuh di kala musim kemarau, sekaligus menjaga sistem kekebalan tubuh agar moms bisa terus beraktivitas di musim kemarau.

Mentimun

Banyak manfaat yang didapatkan dari mentimun, sehingga membuat makanan ini bagus dikonsumsi pada musim kemarau. Mentimun kayak akan kandungan mineral yang membuat moms merasa segar dan tidak dehidrasi saat musim kemarau. Manfaat lainnya yakni daya tahan tubuh akan terjaga, serta mampu menangkal radikal bebas, hal tersebut karena mentimun tinggi kandungan vitamin C.

Mentimun
baca juga

Mangga

Mangga mengandung kalium yang bagus untuk tubuh. Selain bagus untuk kesehatan jantung, dengan banyak mengonsumsi mangga, tekanan darah pun akan normal. Kalium yang terkandungan dalam buah mangga merupakan jenis ion yang akan menggantikan cairan atau ion tubuh yang hilang.

Mangga

Semangka

Saat musim kemarau, keringat yang dihasilkan tentu lebih banyak sehingga cairan dalam tubuh berkurang. Selain banyak minum air putih di musim kemarau, perbanyaklah mengonsumsi semangka yang akan menjaga cairan dalam tubuh. Semangka memiliki kandungan 92 persen air yang dapat mengatasi moms dari dehidrasi. Selain itu, semangka memiliki kandungan likopen yang berfungsi menetralisir molekul radikal bebas, serta mengandung serat yang tinggi.

Semangka
baca juga

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda memiliki elektrolit alami sebagai sumber cairan yang akan mengganti cairan yang hilang di musim kemarau. Air kelapa muda pun dipercaya mampu mengatasi masalah kesehatan seperti gula darah tinggi, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Air kelapa muda yang kaya akan vitamin dan mineral cocok diminum di kala musim kemarau, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, penyakit yang sering datang saat musim kemarau pun tidak mudah hinggap di tubuh.

Air Kelapa Muda

Jagung

Makanan yang kaya akan kandungan antioksidan sangat diperlukan tubuh, terlebih saat musim kemarau. Jagung menjadi makanan yang wajib dikonsumsi di musim kemarau karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Jagung

Yogurt

Jenis makanan fermentasi ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Magnesium, fosfor, zat besi, kalium, zink, selenium, vitamin B kompleks, dan B12 terkandung di dalam yogurt. Sehingga yogurt bagus untuk tubuh yang rentan terkena virus dan berbagai penyakit saat musim kemarau, karena yogurt dapat menjaga sistem imun tubuh serta menangkal bakteri jahat dalam tubuh.

Yogurt