Fungsi Setting Spray
​​​​​​

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai setting spray, beberapa orang mungkin kerap menganggap setting spray dan face mist itu sama. Padahal sebenarnya, kedua beauty product tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda meskipun dari bentuk dan cara pengaplikasiannya sama-sama di spray dan bahkan teksturnya yang cair pun terlihat tidak terlalu berbeda.

Setting spray itu sendiri digunakan untuk membuat hasil makeup lebih tahan lama, sedangkan face mist lebih cenderung berperan sebagai skincare yang dapat memberikan kulit kelembapan setelah pemakaiannya, Moms. Tapi memang sih Moms, kalau beberapa produk setting spray juga mengklaim bahwa produknya dapat berfungsi sebagai face mist di waktu bersamaan.

Tak hanya sekadar untuk membuat hasil makeup jadi jauh lebih tahan lama dan memberikan efek waterproof saja, Moms. Setting spray bisa juga berfungsi untuk melembapkan kulit tanpa terlihat berminyak. Selain itu, setting spray sangat bisa digunakan sebagai pengganti primer, diaplikasikan bersama foundation maupun concealer, disemprotkan pada brush highlighter atau eyeshadow untuk warna yang lebih nyata dan mengurangi fallout (butiran halus yang jatuh di pipi) serta dapat mengurangi cakey atau retak akibat penggunaan foundation dan bedak padat, Moms.

Mudah dan Murah, Bikin Sendiri Setting Spray Dari Bahan Alami, Yuk Moms!

Kandungan Setting Spray

Sekarang ini setting spray bukanlah produk yang langka untuk ditemui. Moms para pecinta beauty product tentu telah lama mengenal setting spray karena ada cukup banyak brand kecantikan ternama yang mengeluarkan produk setting spray.

Secara umum, setting spray bermerek yang dijual dipasaran memiliki kandungan yang di dominasi oleh air mineral atau distilled water, vegetable glycerin dan berbagai tambahan vitamin sebagai bahan dasarnya. Fungsi dari bahan-bahan tersebut diantaranya untuk membuat kulit terhidrasi dan makeup menyatu alami serta memberikan tekstur ringan dan tidak mudah luntur. Karena dibuat dengan berbagai kandungan bahan alami, setting spray bisa dibilang cukup aman jika digunakan setiap hari.

Mudah dan Murah, Bikin Sendiri Setting Spray Dari Bahan Alami, Yuk Moms!
baca juga

DIY Setting Spray

Tenang Moms, daripada bingung menentukan setting spray mana yang cocok dikulit dan dari brand apa, mending coba buat sendiri (DIY) setting spray dengan bahan-bahan yang mudah ditemui dan beberapa diantaranya mungkin sudah Moms punya di rumah sebagai skincare.

Bahan-bahan alami yang bisa digunakan dan perlu disiapkan dalam membuat DIY setting spray antara lain, rose water, aloe vera (lidah buaya) dan witch hazel serta bila perlu tambahkan juga minyak esensial seperti lavender, tea tree atau argan oil dan purified water. Kombinasi semua bahan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit, Moms.

Mudah dan Murah, Bikin Sendiri Setting Spray Dari Bahan Alami, Yuk Moms!

Bahan Alami DIY Setting Spray Sesuai Jenis Kulit

Untuk kulit kering sebaiknya Moms gunakan aloe vera atau lidah buaya sebagai bahan campuran setting spray. Lidah buaya telah lama dikenal ampuh dalam menenangkan dan melembapkan semua jenis kulit. Tambahkan juga argan oil untuk mengurangi efek kering pada kulit.

Meskipun untuk kulit berminyak, setting spray sebaiknya juga tetap bisa melembapkan kulit. Oleh karenanya gunakan juga aloe vera untuk mengurangi minyak berlebih dan breakout yang dapat dipadukan dengan rose water.

Sedangkan untuk kulit berjerawat, Moms bisa menggunakan air mawar karena memiliki kandungan antiperadangan yang cocok untuk kulit berjerawarat hingga iritasi. Moms juga bisa kombinasikan dengan witch hazel yang berguna untuk menenangkan kulit, membersihkan pori dan menghindarkan kulit dari bakteri.

Mudah dan Murah, Bikin Sendiri Setting Spray Dari Bahan Alami, Yuk Moms!
baca juga

Cara Membuat DIY Setting Spray

Pada dasarnya, hampir semua bahan dalam DIY setting spray dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Dengan begitu, Moms bisa lebih leluasa dalam mengombinasikan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah sesuai kebutuhan.

Alat & Bahan:

  • 1 sdm gel aloe vera murni
  • 3 sdm purified water / air mawar
  • Minyak esensial (opsional)
  • Minyak vitamin E (opsional)
  • Spray bottle
  • Corong (bila perlu) 
Cara Membuat:
  • Pastikan spray bottle yang akan digunakan dalam keadaan steril dan telah dicuci bersih.
  • Masukkan gel lidah buaya bersama air ke dalam botol yang telah disediakan.
  • Gunakan bantuan corong untuk memasukkan bahan ke dalam botol jika terasa sulit.
  • Teteskan minyak esensial bila perlu sebagai pewangi.
  • Tambahkan minyak vitamin E untuk membuat setting spray lebih tahan lama.
  • Kocok botol hingga semua bahan di dalamnya tercampur rata.
  • DIY setting spray siap untuk diaplikasikan ke wajah.
Mudah dan Murah, Bikin Sendiri Setting Spray Dari Bahan Alami, Yuk Moms!